Jelaskan Macam Macam Iklan Berdasarkan Sifatnya

Jelaskan Macam Macam Iklan Berdasarkan Sifatnya

Lihat Foto

Papan iklan yang memperlihatkan tampang Oppo Reno3 Pro di Prc.

KOMPAS.com
– Dalam dunia periklanan dikenal berbagai jenis iklan yang dikelompokkan menurut cirinya.

Berdasarkan buku Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik (2013) karya Rachmat Kriyantono, jenis iklan dikelompokkan berdasarkan tujuan, media penyebaran, maupun bentuknya.

Pemasang iklan selalu berusaha menciptakan kreatif iklan semenarik mungkin. Berikut berbagai macam iklan yang dikelompokkan sesuai jenis iklan:

Berdasarkan tujuan

Berdasarkan tujuan, maka jenis iklan adalah:

Iklan informatif jika materi iklan bertujuan untuk:

  1. Memberi tahu produk baru
  2. Memberi tahu perubahan harga atau kemasan
  3. Menjelaskan cara kerja produk
  4. Mengurangi ketakutan konsumen
  5. Mengoreksi informasi yang keliru pada produk
  6. Menginformasikan kegunaan baru dari produk tertentu
  7. Menyebutkan jasa atau servis yang menyertai produk

Baca juga: Bahasa Iklan: Sifat, Unsur, dan Syaratnya

Iklan persuasif adalah iklan yang secara langsung memersuasi orang untuk:

  1. Memilih merk yang diiklankan
  2. Menganjurkan membeli merk yang diiklankan
  3. Mengubah persepsi konsumen tentang merk tertentu
  4. Membujuk konsumen untuk membeli
  5. Iklan pengingat
  6. Merupakan iklan yang bertujuan:
  7. Mengingatkan bahwa produk tersebut dibutuhkan
  8. Menjaga kesadaran akan produk
  9. Menjalin hubungan baik dengan konsumen
  10. Mengingat di mana membeli produk itu
  11. Mengingatkan konsumen di waktu pasaran sepi
  12. Memantapkan bahwa pilihan konsumen tepat

Berdasarkan sifat

Berdasarkan sifat, iklan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis iklan, yaitu:

Iklam komersial adalah iklan yang bersifat menjual produk atau jasa secara langsung, antara lain:

Iklan yang menjual barang konsumsi, seperti shampo, sabun, pakaian, mobil, dan lainnya.

Iklan yang menawarkan barang nonkonsumsi. Sasarannya adalah perusahaan. Seperti barang mentah yang harus diolah lagi untuk menghasilkan produk.

Baca juga: Cara Menulis Teks Iklan

You’re Reading a Free Preview

Page

3

is not shown in this preview.

Bola.com, Djakarta –
Iklan
adalah segala bentuk pesan promosi produk atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Bagi orang yang berkecimpung di dunia bisnis, pasti tidak asing dengan iklan.

Baca :   Tepung Terigu Cakra Kembar Untuk Pembuatan Adonan Kue Apa

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan mempunyai dua pengertian. Pertama, berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Kedua, iklan adalah pemberitaan kepada khayalak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai
iklan
dalam berbagai macam bentuk dan media penyampaian, mulai televisi, radio, koran, media online, papan reklame, dan sebagainya.

Bagi perusahaan penyedia barang atau jasa, iklan menjadi andalan utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya. Hal tersebut bertujuan untuk menarik konsumen agar membeli barang atau menggunakan jasa yang diiklankan.

Itulah mengapa, sebuah iklan harus dibuat menarik, informatif, jelas serta memakai kata-kata yang bersifat ajakan, menonjolkan informasi utama dan tidak perlu terlalu bertele-tele.

Sebuah iklan agar bisa menarik perhatian masyarakat atau konsumen harus memenuhi unsur-unsur iklan. Dalam unsur-unsur iklan memuat banyak hal yang sangat menentukan sebagai kiat sukses untuk promosi dan menarik konsumen.

Iklan juga mempunyai jenis yang sangat beragam. Ada beberapa macam iklan yang umum atau sering dijumpai.

Berikut rangkuman tentang macam-macam
iklan
beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman Zonareferensi, Selasa (23/three/2021).

Jenis Jenis Iklan dan Contohnya
– Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan barang dan jasa yang ingin ditawarkan kepada calon pembeli. Iklan menjadi salah satu kegiatan promosi yang memiliki prospek yang diminati, karena iklan memiliki cakupan yang luas dan sangat mudah. Iklan bukan hanya mencakup kegiatan promosi barang dan jasa, iklan juga bisa digunakan sebagai media informasi dan ajakan terhadap suatu kegiatan. Dibutuhkan beberapa media pendukung seperti koran, majalah, televisi atau juga radio untuk menyampaikan iklan terhadap calon konsumen. Berikut adalah jenis-jenis iklan yang ada,

Baca :   Apa Yang Dimaksud Lagu Wajib Nasional

Fungsi dan Tujuan Iklan

Fungsi dari iklan adalah memberikan informasi, mengajak, atau memberi nilai tambah apa yang sedang diiklankan. Sedangkan tujuan dari seseorang mengiklankan sesuatu yaitu untuk memberi informasi kepada orang tentang suatu jasa, barang, atau ide. Tujuan kedua adalah untuk memberi citra positif kepada sesuatu yang diiklankan agar orang lain tahu tentang spesifikasi, manfaat, atau kebenaran suatu barang, jasa, atau ide.

Baca Juga: Jasa dan Kerjasama Content Placement Murah Berkualitas

Contoh Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

A. Iklan Niaga

Seperti kebanyakan orang ketahui, bahwa iklan kebanyakan digunakan untuk menawarkan barang dan jasa. Dengan iklan ini penjual mengharapkan ada banyak calon pelanggan yang mengetahui barang dan jasa yang ditawarkannya. Dengan iklan, pemasaran akan jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan promosi secara langsung. Jadi besar kesempatan bagi penjual mendapat keuntungan.

B. Iklan Layanan Masyarakat

Bukan hanya penawaran barang dan jasa. Iklan juga bisa digunakan untuk memberikan edukasi dan mendukung kegiatan kepada masyarakat. Mulai dari mengedukasi tentang kesehatan, menghindari narkoba, membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya. iklan layanan masyarakat juga mencakup kegiatan kampanye untuk meraih dukungan masyarakat.

A. Iklan Cetak

Dari semua jenis-jenis iklan yang ada, iklan cetak menjadi yang sangat sering kita temui. Iklan cetak bisa mudah kita temui, mulai dari koran, majalah, tabloid hingga surat kabar. Iklan cetak juga bisa berbentuk pamflet dan brosur.

Dalam iklan cetak ini biasanya ada yang namanya iklan baris yang hanya terdiri dari 3-iv baris saja. kedua ada iklan kolom yang luasnya hanya satu kolom saja dan lebih besar iklan baris. Ketiga ada iklan display yang lebarnya lebih lebar iklan kolom.

B. Iklan Advertorial

Mungkin banyak diantara kalian yang belum mengerti apa itu iklan advertorial. Padahal iklan ini sering kita jumpai. Iklan ini dilakukan dengan cara pemberitaan dan dengan bahasa jurnalistik. Seperti iklan penjualan pada artikel dengan gaya review produk.

Baca :   Pasangan Senyawa Dibawah Ini Yang Keduanya Merupakan Senyawa Ion Adalah

C. Iklan Display

Mirip seperti iklan cetak, namun iklan brandish memiliki ukuran yang lebih besar, bisa berbentuk tulisan atau juga video. Iklan display berada di sekitar kita, seperti layar display yang ada di beberapa jalan raya.

D. Iklan Elektronik

Dari beberapa jenis-jenis iklan, iklan elektroniklah yang memiliki cangkupan yang lebih luas. Dengan menggunakan media televisi, radio dan cyberspace, para penjual bisa memasarkan barang dan jasa lebih luas lagi.

Apalagi kalau memakai media internet, promosi bisa dilihat oleh seluruh masyarakat dunia. Dengan semakin luasnya jangkauan, makin banyak kemungkinan calon pembeli didapat

East. Iklan Perusahaan

Kebanyakan iklan yang ada merupakan jenis iklan perusahaan. Dengan iklan mereka bisa membangun citra produk dan jasa yang ditawarkan. Seperti iklan Mayora, iklan Wings Group dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Kerja Paytren yang Pasti Menguntungkan

Contoh Jenis Iklan Berdasarkan Isi

A. Iklan Penerangan

Sejenis dengan iklam layanan masyarakat, iklan penerangan digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa. Mulai dari anjuran KB, antisipasi DB dan sebagainya. Semuanya bertujuan untuk mengajak dan memengaruhi masyarakat untuk melakukan dan mendukung suatu gerakan.

B. Iklan Pengumuman

Iklan juga menjadi media untuk menyampaikan pengumuman. Baik pengumuman dengan cakupan nasional bahkan internasional. Iklan pengumuman ini digunakan untuk menyampaikan himbauan terhadap sebuah peristiwa dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis-jenis iklan yang ada di sekitar kita. Mungkin banyak yang mengira bahwa iklan hanya sebatas di media elektronik dan media cetak. Padahal nyatanya ada banyak jenis iklan dan dikelompokan seperti di atas. Yang pasti, semua iklan memiliki tujuan yang sama, yaitu memberitahu seseorang akan sesuatu, mulai dari produk, jasa, himbauan atau juga ajakan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai dunia periklanan.

Jelaskan Macam Macam Iklan Berdasarkan Sifatnya

Source: https://lovelyristin.com/jelaskan-macam-macam-iklan-berdasarkan-sifatnya

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …