Istilah Lain Dari Tingkat Kebugaran Jasmani Adalah

Istilah Lain Dari Tingkat Kebugaran Jasmani Adalah

Seorang anggota (member) sedang berolahraga di 9Round Kickbox Fitness Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Dki jakarta, Minggu (26/12/2021). 9Round Kickbox Fitness memiliki konsep workout yang berdurasi hanya 30 menit, dengan slogan making members stronger in 30 minutes, physically and mentally!.

KOMPAS.com
– Definisi kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik tanpa mengalami kelelahan berlebih.

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2016) karya Asep Kurnia Nenggala, kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari dengan giat tanpa kelelahan berarti.

Komponen kebugaran jasmani dapat dikelompokkan menjadi 10 jenis yang berbeda dengan cara latihan dan tes masing-masing.

Meski berbeda, tujuan utama dari kebugaran jasmani semuanya sama. Adapun dampak aktivitas yang Anda lakukan terhadap kebugaran jasmani adalah kondisi fisik yang siap melakukan aktivitas sehari-hari dan tak mudah merasa lelah.

Ada empat faktor yang dapat memengaruhi tingkat kebugaran dan kesegaran jasmani seseorang, di antaranya adalah umur, jenis kelamin, pola istirahat, dan juga asupan makanan.

Kebugaran jasmani bisa dilatih dengan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur. Unsur-unsur yang perlu dilatih untuk meningkatkan kesegaran jasmani, kecuali kecerdasan.

Baca juga: 10 Komponen Kebugaran Jasmani

Nama lain dari kebugaran jasmani adalah physical fitness dalam bahasa Inggris.

Berikut adalah unsur-unsur kebugaran dan kesegaran jasmani serta jenis latihan fisik untuk meningkatkannya.

1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan atau forcefulness adalah kondisi tubuh dalam menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga pada saat melakukan suatu aktivitas fisik.

Contoh bentuk latihan kekuatan sederhana yang dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani adalah push button-upwardly, sit-upwards, dan juga back-up.

Baca juga: Pengertian Kebugaran Jasmani

Baca :   Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 115

Endurance adalah istilah dalam kebugaran jasmani untuk menyebutkan daya tahan tubuh manusia dalam beraktivitas.

Kemampuan seseorang dalam melaksanakan gerak dengan seluruh tubuhnya dalam waktu yang relatif lama dan dengan tempo dan frekuensi sedang sampai cepat tanpa mengalami rasa sakit dan kelelahan berat yang berarti disebut dengan daya tahan atau endurance.

Jenis olahraga ringan seperti jogging atau lari selama 15-30 menit bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

three. Daya otot (Muscular power)

Daya otot atau muscular ability berkaitan dengan kemampuan otot tubuh untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Salah satu jenis latihan untuk meningkatkan daya otot adalah angkat beban.

4. Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah kemampuan untuk berpindah dari satu posisi ke posisi lainnya dalam waktu yang singkat dan cepat.

Kemudian, bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan? Olahraga lari sprint jarak pendek adalah jenis aktivitas fisik yang bisa meningkatkan kecepatan.

Baca juga: Unsur-unsur Kebugaran Jasmani dalam Gerakan Meroda

five. Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan atau fleksibilitas adalah keleluasaan gerakan terutama pada bagian otot persendian. Unsur kebugaran jasmani ini bisa ditingkatkan dengan senam, renang, atau yoga.

6. Kelincahan (Agility)

Kemampuan untuk mengubah arah posisi tubuh dengan kecepatan dan ketetapan yang tinggi disebut kelincahan. Cara melatih kelincahan atau agility bisa dengan squat jump atau lari naik turun tangga.

7. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda dan mampu mengkoordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik.

Contoh latihan dari komponen kebugaran jasmani bagian koordinasi adalah memantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kanan kemudian menangkapnya lagi dengan tangan kiri begitu juga sebaliknya.

Aktivitas berikut ini yang membutuhkan unsur akurasi atau ketepatan adalah

Lihat Foto

shutterstock

Ilustrasi sepak bola.

Baca :   Sebutkan Tiga Perbedaan Suhu Dan Kalor

Baca juga: Kebugaran Jasmani yang Berhubungan dengan Keterampilan

Keseimbangan merupakan kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan dapat dimunculkan dengan baik dan benar.

Contoh latihan untuk meningkatkan keseimbangan antara lain adalah berdiri dengan satu kaki jinjit atau juga dengan sikap lilin, mengangkat satu kaki ke belakang dan lain-lain.

9. Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan atau accuracy adalah kemampuan tubuh dalam untuk mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran.

Beberapa contoh olahraga yang membutuhkan keakuratan ini adalah memanah, bowling, sepak bola dan basket.

Baca juga: Kebugaran Jasmani yang Berhubungan dengan Keterampilan

10. Reaksi (Reaction)

Reaksi adalah adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak dan menanggapi suatu gerakan, rangsangan, maupun stimulus yang ditangkap oleh indera.

Unsur kebugaran jasmani reaksi bisa ditingkatkan salah satunya dengan olahraga bola handbasket yang di dalamnya terdapat gerakan melempar dan menangkap bola.

Dari 10 komponen kebugaran jasmani di atas, ada enam unsur yang tergabung dalam kategori keterampilan.

Adapun kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan adalah daya ledak, kecepatan, kelincahan, koordinasi, kecepatan, reaksi dan keseimbangan.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Istilah Lain Dari Tingkat Kebugaran Jasmani Adalah

Source: https://toptenid.com/aktivitas-berikut-ini-yang-membutuhkan-unsur-akurasi-atau-ketepatan-adalah

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …