Https Banpaudpnf Kemdikbud Go Id Sispena

Https Banpaudpnf Kemdikbud Go Id Sispena

SISPENA adalah sistem informasi penilaian akreditasi paud. Review dan cara login sistem informasi akreditasi PAUD TK KB (Sispena) milik BAN PAUD dan PNF diluncurkan sejak untuk menggenjot target akreditasi 30.275 lembaga paud di tahun 2022 (jumlah yang 3x lipat dari akreditasi paud 2017 sebanyak 10.913 lembaga). Bagi ayah bunda pengelola paud yang mau mencoba akreditasi, coba dahulu pahami sistem ini yuk kita simak berikut ini.

Table Of Contents

  1. Manfaat Akreditasi PAUD TK KB
  2. Fungsi Akreditasi PAUD
  3. SISPENA Sistem Akreditasi PAUD Online
    • Bagaimana Cara Login SisPenA ?
    • Panduan Sistem Informasi Akreditasi PAUD
    • Review Sistem Informasi Akreditasi PAUD SisPenA

Manfaat Akreditasi PAUD TK KB

Tujuan akreditasi untuk pemerintah adalah usaha pengendalian dan penjaminan mutu pendidikan. Akreditasi merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban publik pemerintah atas mutu program dan satuan PAUD dan PNF di wilayah Republik Indonesia. Dengan mendapatkan hasil peta mutu pendidikan yang berlangsung pemerintah dapat mengembangkan program-program pembinaan yang yang diperlukan bahkan sekaligus juga pengendalian yang perlu dilakukan agar pelaku-pelaku di bidang pendidikan turut serta dalam usaha memberikan layanan pendidikan dengan mutu yang baik.

Manfaat akreditasi PAUD antara lain:

  1. Membangun budaya mutu secara berkelanjutan, terencana, dan kompetitif di tingkat kabupaten/kota, provinsi, regional, nasional, bahkan internasional;
  2. Mendorong Satuan PAUD dan PNF agar selalu berupaya meningkatkan mutu program PAUD dan PNF;
  3. Memanfaatkan semua informasi hasil akreditasi yang handal dan akurat sebagai umpan balik dalam upaya meningkatkan kinerjasatuan PAUD dan PNF;
  4. Sebagai peta mutu pendidikan di satu wilayah dan secara nasional; dan
  5. Dapat mengakses sumber daya pendidikan dari pemerintah dan masyarakat.
Baca :   Unsur Unsur Dalam Sistem Periodik Modern Disusun Berdasarkan

Fungsi Akreditasi PAUD

Fungsi akreditasi pada dasarnya memberikan pengakuan akan kualitas/mutu satuan pendidikan melalui proses penilaian kelayakan atassatuan pendidikan PAUD dan PNF untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan. BAN PAUD dan PNF menilai kelayakan tersebut berdasarkan kesesuaiannya dalam pemenuhan delapan (8)SNP.

Selain itu, akreditasi sebagai perlindungan sosial (social guarantee) kepada masyarakat dalam jaminan kualitas pendidikandan dapat dijadikan sebagai quality assurance yang diharapkan mengarahkan lembaga untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan.

Akreditasi diharapkan dapat memacu lembaga tidak hanya sekedar mendeteksi keberadaan pemenuhan butir dalam bentuk dokumen (Aspek Compliance) tetapi juga untuk mendorong lembaga mengimplementasikan proses pendidikan sesuai dengan apa yang didokumentasikan (Aspek Performance).

SISPENA Sistem Akreditasi PAUD Online

SisPenA adalah sebuah sistem penilaian akreditasi online untuk TK dan KB yang berguna untuk melakukan pengajuan akreditasi sekolah paud kepada badan akreditasi nasional paud secara langsung dan realtime yang bisa dilakukan sendiri. Karena sudah terintegrasi dengan pangkalan data DAPODIK, maka secara default bagi lembaga yang sudah melakukan verifikasi dan validasi data, bisa langsung login atau masuk ke dalam sistem menggunakan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

Halaman Login Sistem Informasi Penilaian Akrediasi PAUD – SisPenA

Bagaimana Cara Login SisPenA ?

Lembaga paud yang telah memiliki NPSN dan sudah melengkapi data DAPODIK, bisa langsung login menggunakan cara berikut:

  1. Buka alamat sistem informasi penilaian akreditasi, SisPenA silahkan kunjungi https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/login
  2. Masukkan username dan password, (secara default masukkan NPSN saja semua, kecuali passwordnya sudah diganti oleh lembaga terkait), misal jika NPSN sekolah ayah bunda adalah 12345 maka password juga 12345
  3. Klik tombol “MASUK” untuk menuju dashboard sistem

Selesai, selanjutnya ayah bunda dapat mengedit visi misi sekolah, cara melakukan pengajuan akreditasi paud (tk kb) secara online, dan melakukan simulasi penilaian akreditasi. Jadi misalkan dokumen yang tersedia kurang lengkap atau sangat lengkap maka dapat dilihat nilai akreditasinya secara langsung.

Halaman SisPenA ketika berhasil login
Halaman SisPenA ketika berhasil login

Panduan Sistem Informasi Akreditasi PAUD

Bagi ayah bunda yang ingin melihat panduan penggunaan sistem akreditasi paud bagi lembaga, sudah sudah tersedia versi pdf yang dapat diunduh melalui tombol yang ada di atas tampilan atau preview dokumennya di bawah ini:

Baca :   Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Adalah

Review Sistem Informasi Akreditasi PAUD SisPenA

Bagi sekolah paud yang ingin melakukan akreditasi dapat mendaftar ke dalam SisPenA ini dan melakukan pengiriman berkas yang dibutuhkan pada menu “Pendaftaran” pada sistem di sebelah kiri. Nanti ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi seperti surat permohonan, legalitas lembaga, dokumen lampiran, foto pendukung, dan juga tersedia input evaluasi diri (simulasi).

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sudah banyak mengalami kemajuan dalam bidang teknologi informasi sehingga memudahkan pekerjaan yang terkait paud seperti akreditasi. Sistem Informasi akreditasi paud ini menjawab kemanualan akreditasi yang selama ini berjalan untuk dibuat sedikit lebih mudah.

Dengan menggunakan sistem akreditasi paud, sekolah atau lembaga menjadi lebih tahu dokumen apa saja yang disyaratkan untuk mengikuti akreditasi serta alur akreditasi paud mulai dari pengisian EDS (evaluasi diri sekolah), penilaian desk, penilaian visitasi, penilaian validasi, penilaian penetapan sampai melihat nilai akhir.

Sistem akreditasi online yang cukup bagus untuk pemula, akan tetapi memasukkan username dan password melalui NPSN itu sangat beresiko karena bisa digunakan oleh siapa saja asal mengetahui NPSN suatu sekolah saja. Alangkah lebih baik lagi apabila password harus diaktifkan dahulu melalui email yang terdaftar di DAPODIK jadi tidak sembarangan orang dapat mengakses. Kelemahan selanjutnya adalah sistem informasi akreditasi yang dibangun tidak / belum menggunakan jalur SSL
(secure socket layer, https)
jadi username dan password yang ayah bunda masukkan rentan untuk disadap oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Sekian dan semoga bermanfaat!

Update per tanggal 11 Agustus 2022: Alamat sistem informasi SisPenA sudah menggunakan jalur SSL (https), meskipun menggunakan SSL gratisan dari Lets’s Encrypt yang konsekuensinya adalah SSL hanya berlaku selama 3 bulan saja, harus diperbarui secara berkala atau dijalankan fungsi perpanjangan SSL otomatis.

Baca :   Perilaku Hidup Sederhana Menghindarkan Dari Sikap

Https Banpaudpnf Kemdikbud Go Id Sispena

Source: https://www.paud.id/sistem-informasi-penilaian-akreditasi-paud-sispena/

Artikel Terkait

Leave a Comment