Hal Pokok Yang Menjadi Masalah Dalam Ilmu Ekonomi Adalah

Hal Pokok Yang Menjadi Masalah Dalam Ilmu Ekonomi Adalah

Mas Pur

Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Ekonomi » Pengertian » Inti Masalah Ekonomi

Inti Masalah Ekonomi



1 min read

Inti Masalah Ekonomi adalah? Manusia selama dalam hidupnya pasti akan mengalami yang namanya masalah, teruma masalah yang berkaitan dengan ekonomi. Masalah ekonomi dianggap sebagai sebuah permasalahan yang tidak jauh dari masalah keuangan dan juga kebutuhan hidup, dimana kedua hal tersebut digunakan selama hidup.

Karena hal tersebutlah, kemudian muncul sebuah ilmu yang dinamakan dengan ilmu ekonomi yang berkembang di masyarakat untuk mengatasi dan menyelesaikan berbagai masalah ekonomi. Bila ilmu ekonomi tersebut dilihat dan dipelajari secara benar maka akan bisa membuat kita melakukan penyelesaian terhadap pemenuhan kebutuhan hidup kita.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmurannya sendiri. Kata “ekonomi” berasal dari bahasa Yunani yaitu
οἶκος (oikos)
yang artinya “keluarga atau rumah tangga” dan
νόμος (nomos)
artinya “aturan, peraturan atau hukum”.

Ekonomi bisa di artikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Sedangkan yang dimaksud dengan ahli ekonomi adalah orang yang menggunakan data dan konsep ekonomi dalam bekerja. Okonomia adalah sebuah aturan yang ada di masyarakat sebagai hukum kodrat yang menetapkan rumah tangga yang baik.

Ilmu ekonomi juga mempelajari tentang inti masalah ekonomi, yaitu ketidakseimbangan antara kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas.

Baca :   Uraikan Hubungan Konsep Waktu Dengan Perubahan Dan Keberlanjutan

Pengertian Masalah Ekonomi

Masalah ekomomi adalah masalah yang sering terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, baik itu masalah yang berhubungan dengan jual beli, tawar-menawar atau ekspor impor.

Dalam kehidupan seperti sekarang ini terutama yang di Indonesia, terdapat beberapa masalah ekonomi yang terjadi, diantaranya kemiskinan, pengangguran, harga, profit, hutang, inflasi, sistem ekonomi, kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi

Inti Masalah Ekonomi

Inti masalah ekonomi adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan ini kemudian akan menyebabkan timbulnya kelangkaan. Kelangkaan adalah keadaan dimana kebutuhan akan barang dan jasa tidak bisa terpenuhi secara keseluruhan akibat adanya permintaan yang  tidak sebanding dengan alat pemuas kebutuhan.

Arti lain dari Inti masalah ekonomi adalah keterbatasan sumber daya dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia akibat keterbatasan dan kelangkaan.

Jadi, inti masalah ekonomi yang dialami oleh manusia adalah kebutuhan yang dialami manusia lebih banyak daripada alat pemuas kehidupan, sehingga terjadi ketidakseimbangan akibat kelangkaan alat pemuas tersebut. Kelangkaan bisa terjadi karena keterbatasan sumber daya, bertambahnya jumlah penduduk, letak geografis, keterbatasan jumlah penduduk dan juga bencana alam.

Faktor Penyebab Masalah Ekonomi

Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang terus bertambah dan tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas sehingga menimbulkan kelangkaan. Inti masalah ekonomi bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sifat alami manusia yang tidak pernah puas.
  2. Kerusakan sumber daya alam akibat ulah manusia.
  3. Keterbatasan benda pemuas kebutuhan yang ada di alam.
  4. Alat pemuas kebutuhan diperolehnya memerlukan pengorbanan ekonomis.
  5. Alat pemuas kebutuhan dihasilkan melalui proses produksi yang memerlukan waktu.
  6. Faktor produksi sebagai sumber daya ekonomi sangat terbatas keberadaanya.
  7. Keterbatasan kemampuan manusia dalam mengolah sumber daya ekonomi yang ada.
  8. Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan.
Baca :   Macam Macam Senyawa Organik Yang Menyusun Protoplasma Adalah

Nah, itulah pengertian mengenai ilmu ekonomi, inti masalah ekonomi, dan faktor penyebab masalah ekonomi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai inti masalah ekonomi dan semoga bermanfaat.

Hal Pokok Yang Menjadi Masalah Dalam Ilmu Ekonomi Adalah

Source: https://www.freedomsiana.id/inti-masalah-ekonomi/

Artikel Terkait

Leave a Comment