Gambar Struktur Lewis Senyawa So2 Yang Paling Tepat Adalah

Gambar Struktur Lewis Senyawa So2 Yang Paling Tepat Adalah.

Struktur Lewis plong fusi SO₂ terwalak

  • asosiasi kovalen dupleks
  • perkariban kovalen koordinasi

Pembahasan

\mathbf{Kestabilan~Unsur }

Sreg waktu 1916, ilmuan bernama Lewis dan Langmuir menyatakan bahwa partikel asap mulia sukar bakal bereaksi dengan unsur yang lainnya ataupun dengan partikel sejenisnya, kejadian ini karena elektron valensinya sudah munjung. Sehingga zarah yang paling stabil merupakan unsur gas mulia (golongan VIIIA). Plong konfigurasi elektron gas mulia, elektron valensi asap mulia sudah penuh yaitu delapan (oktet) kecuali He yaitu dua (duplet.). Maka dari itu karena itu selain tabun sani, unsur-unsur yang lain tidak ditemukan privat keadaan unsur nonblok sekadar sebagai fusi, karena tidak stabil dalam situasi molekul bebas.

₂He = 2

₁₀Ne = 2. 8

₁₈Ar = 2. 8. 8

₃₆Kr = 2. 8. 18. 8

₅₄Xe = 2. 8. 18. 18. 8

₈₆Rn = 2. 8. 18. 32. 18. 8

Sifat duplet berlaku jikalau unsur yang melepas alias memufakati elektron membuat kestabilan (konfigurasi elektron) seperti unsur gas sani He (2). Sementara itu aturan oktet bermain seandainya elemen yang melepas atau mengamini elektron membentuk kestabilan (konfigurasi elektron) seperti mana unsur gas indah Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn (8).

\mathbf{Struktur~Lewis }

Afiliasi elektron valensi suatu zarah yang digambarkan dengan menggunakan titik (dot). Struktur lewis digambarkan dengan menggunakan titik (dot) yang kerubung fon unsur pada masing-masing sisi yaitu kanan, kiri, atas, dan bawah.

\boxed{\boxed{\bold{Ikatan~Kovalen}}}

Korespondensi kovalen yaitu pertalian yang terjadi karen adanya pemakaian elektron bersama antar dua anasir. Pemakaian elektron bersama terjadi plong unsur non metal dengan zarah non logam. Proses pembentukan persaudaraan kovalen digambarkan dengan rumus lewis dari rumus lewis tersebut kita  bisa mengetahui rumus strukturnya dengan cara mengganti sepasang elektron ikatan dengan garis.

Baca :   Pak Amin Mempunyai Tanah Yang Luasnya 700 M2

\mathbf{Ikatan~Kovalen~Tunggal }

adalah ikatan kovalen yang namun melibatkan sepasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap elemen tetapi silih memberikan satu elektron kemudian digunakan sambil. Karena elektron yang terlibat hanya sepasang maka digambarkan dengan satu garis.

\mathbf{Ikatan~Kovalen~Rangkap~Dua }

yaitu kawin kovalen yang melibatkan dua pasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap unsur saling memasrahkan dua elektron nan kemudian digunakan bersama. Karena terwalak dua pasang elektron maka digambarkan dengan dua garis.

\mathbf{Ikatan~Kovalen~Koordinasi}

Ikatan kovalen koordinasi merupakan jalinan kovalen di mana pasangan elektron yang dipakai bersama hanya disumbangkan oleh satu atom, padahal atom yang satu sekali lagi tidak menyedekahkan elektron. Ikatan kovalen koordinasi hanya dapat terjadi jika salah satu atom memiliki jodoh elektron objektif (PEB). Ikatan kovalen penyelarasan dilambangkan dengan cap panah (  ) nan menyatakan sumur n partner elektron nan dipakai bersama.

\boxed{\boxed{\bold{Jawab}}}

Proses pembentukan ikatan SO₂

Konfigurasi elektron S (Z=16) dan O (Z=8)  ialah:

S : 2. 8. 6 (memerlukan 2 elektron bakal mencapai kestabilan oktet/8)

O : 2. 6 (memerlukan 2 elektron cak bagi mencapai kestabilan oktet/8)

Maka dari itu karena itu,agar antara elemen S dan atom O boleh bersimpai sehingga stabil membentuk oktet. Maka atom S harus menikahkan 2 elektron, sedangkan atom Udara murni doang mempertemukan 2 elektron. Maka, atom O (1) berikatan dengan S buat mencapai kestabilan oktet (8) dengan pemakaian elektron bersama 2 elektron. Kejadian ini menyebabkan zarah S mutakadim mencapai kestabilan oktet/8, padahal masih terletak 1 zarah O yang belum menyentuh kestabilan.

Sreg anasir S masih terdapat 4 elektron ataupun 2 kutub elektron bebas yang belum, karena berasal 6 elektron valensi atom S 2 elektron telah digunakan cak bagi berikatan dengan atom Ozon (1).

ingat :
Ikatan kovalen koordinasi namun boleh terjadi jika pelecok suatu partikel punya pasangan elektron bebas (PEB).

Atom Udara murni (2) mencapai kestabilan dengan membentuk relasi kovalen sinkronisasi dengan elemen S karena adanya PEB. Maka 1 padanan eelktron bebas (PEB) nan dimiliki maka itu atom S digunakan untuk berikatan dengan atom Ozon (2) sehingga molekul S semata-mata memiliki 1 pasangan elektron bebas (PEB).

Baca :   Berikut Yang Termasuk Ansambel Musik Tradisional Indonesia Kecuali

Tulangtulangan Proses pembentukan ikatan kovalen SO₂ dapat dilihat plong lampiran

Dari bentuk struktur lewis, dapat dilihat bahwa campuran SO₂ terdapat 1 ikatan kovalen rangkap 2 dan 1 pernah kovalen koordinasi.

\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }

  • Sangkutan kovalen CCl4 brainly.co.id/tugas/18568828
  • Ikatan kovalen H2SO3 brainly.co.id/tugas/18912562
  • Rangkaian kovalen SO3 brainly.co.id/tugas/4251393
  • Ikatan BF3 brainly.co.id/tugas/1513624
  • Ikatan H2O brainly.co.id/tugas/13450765

———————————————-

\mathbf{Detil~Jawaban }

Mapel : Kimia

Portal : Pernah kimia

Kelas bawah : X

Semester : 1

Kode : 10.7.4

Alas kata kunci :  ikatan kimia, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, ikatan kovalen rangkap dua, pemakaian elektron bersama, struktur lewis

Gambar Struktur Lewis Senyawa So2 Yang Paling Tepat Adalah

Source: https://brainly.co.id/tugas/10255596

Check Also

Hal Yang Tidak Memengaruhi Keluarnya Keringat Oleh Tubuh Adalah

Hal Yang Tidak Memengaruhi Keluarnya Keringat Oleh Tubuh Adalah. Seseorang bisa berkeringat ketika sedang berolahraga, …