Fungsi Utama Selaput Lendir Pada Hidung Adalah Untuk

Fungsi Utama Selaput Lendir Pada Hidung Adalah Untuk

Lihat Foto

Ilustrasi hidung

KOMPAS.com
– Hidung mempunyai banyak fungsi, di antaranya adalah sebagai salah satu organ pernapasan (penyaring udara), indera penciuman, dan pembersih saluran napas.

Saat menghirup udara pernapasan, bau tersebut ikut masuk ke dalam hidung.

Di rongga hidung, bau akan larut di dalam lendir. Kemudian, rangsangan bau akan diterima oleh ujung-ujung saraf pembau untuk diteruskan ke pusat penciuman dan saraf.

Oleh otak, rangsang tersebut ditanggapi sehingga kita manusia dapat mencium bau yang masuk melalui hidung.

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah struktur organ hidung dan fungsinya:

Baca juga: Struktur Tubuh Serangga

1. Lubang hidung

Lubang hidung adalah bagian yang berfungsi untuk melindungi hidung dari berbagai ancaman dari luar.

Ini juga berperan sebagai pengatur ukuran sesuatu yang bisa masuk ke dalam hidung dan berkaitan langsung dengan rongga hidung.

2. Bulu hidung

Bulu hidung adalah rambut–rambut halus pada hidung yang memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang masuk.

Bulu hidung dapat menahan kotoran sehingga tidak bisa masuk ke sistem pernapasan selanjutnya.

3. Septum

Septum hidung merupakan bagian yang memisahkan hidung menjadi 2 bagian. Septum hidung memisahkan hidung menjadi 2 bagian (kiri dan kanan), mulai dari lubang hidung hingga bagian tenggorokan awal.

Baca juga: Struktur dan Fungsi Hemoglobin

Fungsi utama selaput lendir pada hidung adalah untuk?

  1. Menyesuaikan kelembaban udara
  2. Menetralkan racun yang masuk
  3. Membunuh kuman yang terbawa
  4. Memilih gas-gas yang masuk
  5. Menyaring udara masuk

Jawaban: A. Menyesuaikan kelembaban udara

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, fungsi utama selaput lendir pada hidung adalah untuk menyesuaikan kelembaban udara.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Berikut Ini gas yang dikeluarkan dari dalam tubuh adalah dalam tubuh adalah?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Bernapas menjadi hal terpenting yang dibutuhkan manusia agar dapat bertahan hidup. Bukan hanya manusia saja, seluruh makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan juga membutuhkan oksigen. Bernapas merupakan proses menghirup udara (oksigen) dan mengeluarkan karbon dioksida dari paru-paru. Teman-teman tau tidak, ada berbagai organ di dalam tubuh yang berperan penting dalam sistem pernapasan manusia diantaranya:

1. Rongga hidung

Organ pertama yang membantu proses pernapasan manusia yaitu rongga hidung. Pada rongga hidung di dalamnya terdapat bulu hidung dan selaput lendir. Bulu hidung berfungsi untuk menyaring udara yang masuk sehingga debu, kotoran, dan penyakit tidak masuk ke dalam rongga hidung. Selaput lendir berfungsi untuk menghasilkan ingus sehingga hidung terlindung dari bakteri dan kotoran. Selain itu, selaput lendir juga berperan untuk mengatur suhu udara yang akan masuk ke paru-paru dan mengatur kelembaban udara agar sesuai dengan kelembaban tubuh. Nah, di dalam rongga hidung juga terdapat ujung saraf pembau yang berfungsi untuk mencium bau dari udara yang teman-teman hirup.

2. Laring (pangkal tenggorokan)

Selanjutnya, organ pernapasan yang kedua yaitu laring. Laring menghubungkan hidung dengan batang tenggorokan atau biasa teman-teman sebut trakea. Laring berfungsi untuk mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran pernapasan.

3. Trakea (batang tenggorokan)

Trakea/batang tenggorokan berperan penting dalam sistem pernapasan manusia. Pada bagian trakea, terdapat selaput lendir dan rambut halus juga lho teman-teman. Dimana trakea berfungsi sebagai akses saluran pernapasan yang menyuplai udara dan mencegah masuknya benda asing ke paru-paru seperti debu dan bakteri, serta mengontrol suhu udara yang masuk ke paru-paru.

4. Bronkus (cabang batang tenggorokan)

Organ pernapasan yang keempat yaitu bronkus atau dikenal dengan cabang batang tenggorokan. Bronkus yaitu percabangan yang menghubungkan trakea dengan paru-paru kiri dan kanan, yang berperan penting dalam sistem pernapasan sebagai jalur keluar masuknya udara dan mencegah infeksi. Bronkus bisa terkena peradangan/infeksi lho teman-teman, biasa dikenal dengan penyakit bronkitis. Penyebab bronkitis juga bermacam-macam diantaranya virus, bakteri, alergi, polusi udara, rokok, dan sebagainya.

Baca :   Benda Yang Dapat Ditembus Cahaya Disebut

5. Bronkiolus (anak cabang batang tenggorokan)

Bronkiolus yaitu cabang dari bronkus yang berfungsi untuk menyalurkan udara dari bronkus ke alveolus. Alveolus yaitu kantung udara yang berfungsi sebagai tempat mengolah udara dan pada alveolus juga terdapat pembuluh darah. Dimana terjadi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Bronkiolus juga bisa mengalami gangguan lho teman-teman, diantaranya penyempitan saluran napas, peradangan, dan asma.

6. Paru-paru (pulmo)

Organ terakhir yaitu paru-paru. Letak paru-paru berada di rongga dada. Fungsi utama dari paru-paru yaitu sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dari darah.

Baca juga :
Cara menjaga organ pernapasan agar tetap sehat

Nah itu tadi berbagai organ pernapasan manusia. Teman-teman jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang ya. Teman-teman bisa melihat konten video pembelajaran lainnya di

Youtube

Geniora dan jangan lupa

download

aplikasi

Geniora SayaBisa

di PlayStore untuk mengakses

e-book

dan latihan soal yaa.

Fungsi selaput lendir hidung adalah untuk meningkatkan kelembaban sumber foto: (Marina Vitale) by Unsplash.com



Fungsi

selaput lendir hidung adalah untuk meningkatkan kelembaban. Dalam kacamata medis, selaput lendir disebut juga dengan mukosa. Menghasilkan mukosa adalah hal yang normal pada semua manusia.


Mukosa melapisi dinding bagian dalam untuk melindungi saluran pernapasan, pencernaan, reproduksi, dan masih banyak lagi.


Selaput lendir memiliki banyak fungsi bagi tubuh manusia. Mengutip buku

Jurus Jitu Sukses UASBN 2009 oleh Libtang Magicmathics (2008),

beberapa fungsi tersebut di antaranya sebagai berikut:


  • menjaga kelembaban udara yang masuk ke saluran napas


  • menjaga rongga hidung agar tidak kering


  • Sebagai pengatur suhu udara dengan suhu tubuh


  • Menghambat masuknya substansi asing yang berbahaya (debu atau polusi)

Fungsi selaput lendir hidung adalah untuk meningkatkan kelembaban, sumber foto: (Ergin Yalcin) by Unsplash.com

Baca :   Partai Partai Politik Pada Masa Demokrasi Liberal Lebih Cenderung Untuk


Beragam fungsi ini juga tergantung dengan letak persis mukosa yang dimiliki oleh seseorang. Jumlah lendir yang dihasilkan oleh mukosa ini normalnya sedikit. Jadi, tidak akan sampai mengakibatkan

hidung

berair alias ingusan.


Ingusan dapat terjadi karena berbagai sebab, misalnya seperti iritasi, alergi, polip hidung, infeksi pernapasan, deviasi septum hidung, dan masalah pernapasan lainnya.



Organ Pernapasan Selain Selaput Lendir


Selain selaput lendir, ada beberapa organ pernapasan lain yang memiliki peran penting dalam sistem sirkulasi udara pada tubuh manusia. Adapun organ

pernapasan

tersebut di antaranya sebagai berikut:


Faring adalah persimpangan antara tenggorokan dan kerongkongan. Pada sistem ini, terdapat epiglotis yang berfungsi untuk mengatur jalan masuk ke kerongkongan dan tenggorokan.


Laring merupakan pangkal tenggorokan yang meliputi kepingan tulang rawan berbentuk jakun dan memiliki celah menuju trakea. Organ pernapasan ini berfungsi untuk mengatur pita suara, sehingga dapat menimbulkan bunyi.


Trakea berbentuk pipa yang dindingnya terdiri dari tiga lapisan. Lapisan luar terdiri dari jaringan ikat, lapisan tengah terdiri dari cincin tulang rawan dan otot polos, sedangkan lapisan dalam terdiri dari jaringan epitelium besilia.


Bronkhus adalah percabangan trakea yang mengarah ke paru-paru kiri dan kanan. Struktur bronkhus tidak jauh berbeda dengan trakea, hanya saja dindingnya lebih halus.


Bronkheolus adalah cabang dari bronkhus yang memiliki saluran lebih halus dan dinding yang lebih tipis. Bronkheolus kanan berjumlah 3, sedangkan sebelah kiri berjumlah 2.


Alveolus adalah saluran udara buntu yang membentuk gelembung udara. Saluran ini memiliki dinding yang tipis lembab, dan merekat dengan kapiler darah.


Dari pemaparan di atas, dapat dimengerti bahwa selaput lendir hidung memiliki banyak manfaat. Selain selaput lendir,

sistem

pernapasan juga didukung dengan saluran lain yang membuat kita dapat bernapas dengan baik dan sehat.

Fungsi Utama Selaput Lendir Pada Hidung Adalah Untuk

Source: https://apamaksud.com/fungsi-utama-selaput-lendir-pada-hidung-adalah-untuk

Artikel Terkait

Leave a Comment