Fungsi Sksd Sebagai Sarana Dalam Berbagai Aktivitas Komunikasi Antara Hubungan

Fungsi Sksd Sebagai Sarana Dalam Berbagai Aktivitas Komunikasi Antara Hubungan

Lewat teknologi informasi dan komunikasi, Satelit Palapa mampu menjadi wahana yang memperkuat dan meningkatkan persatuan dengan memangkas jarak komunikasi antarwilayah Indonesia yang amat luas.

Djakarta (01/06/2021) Sobat Revmen, persatuan bisa diciptakan melalui berbagai cara. Tak terkecuali melalui kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Seperti keberadaan satelit palapa yang berhasil menyatukan Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau lewat pancaran sinyalnya. Di samping memiliki arti yang sangat penting dalam menyatukan bangsa sekaligus menjadi tonggak pembangunan nasional, keberadaan Satelit Palapa juga mengantarkan nama Republic of indonesia diperhitungkan di kancah internasional, lho! Yuk sobat Revmen, kita cari tahu lebih jauh tentang satelit kebanggaan bangsa Republic of indonesia ini!

44 tahun lalu tepatnya pada 8 Juli 1976, untuk pertama kalinya Republic of indonesia memiliki satelit nasionalnya sendiri yakni Satelit Palapa. Satelit Palapa berhasil mengangkasa pada 83 derajat Bujur Timur dan ketinggian 30.500 kilometer, setelah diluncurkan dengan roket NASA Delta 2914 dari Kennedy Infinite Middle, Tanjung Canaveral, Amerika Serikat (AS). Satelit Palapa generasi A memiliki 12 transponder (alat untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah) dengan kapasitas 6000 sambungan pembicaraan atau 12 kanal televisi. Palapa memiliki tinggi 3,7 meter, serta berdiameter i,9 meter dan bobot 574 kg. Satelit Palapa dirancang untuk mengoptimalkan pancaran sinyal komunikasi di wilayah kepulauan Indonesia, bahkan mampu menjangkau negara-negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Keberadaan Satelit Palapa melambungkan nama Indonesia di kancah dunia dan menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga di dunia sekaligus negara berkembang pertama yang berhasil mengoperasikan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). Indonesia bahkan mendahului bangsa-bangsa Eropa atau Asia lainnya, di mana pada masa itu hanya ada dua negara yaitu Amerika Serikat dan Kanada yang memiliki sistem satelit domestiknya sendiri. Hal tersebut tak pelak membawa Indonesia sebagai pionir di kawasan Association of southeast asian nations, sehingga negara-negara di kawasan Asia Tenggara pun turut memanfaatkan pancaran sinyal Satelit Palapa.

Satelit Palapa tersebut dioperasikan oleh Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) atau sekarang PT Telkom Republic of indonesia, adapun pembuatannya dilakukan oleh Boeing Satellite Systems (dahulu Hughes Infinite and Communication Visitor). Saat itu, Satelit Palapa yang diluncurkan merupakan generasi A1 dengan jangka waktu mengorbit selama tujuh tahun. Setelahnya, muncul generasi-generasi Satelit Palapa lainnya yang sebagian sudah tidak beroperasi dan digantikan oleh satelit lainnya karena tiap satelit memiliki jangka waktu yang terbatas. Mengutip
Kumparan.com, sampai dengan tahun 2020, tercatat ada eleven satelit Palapa yaitu, Palapa A1 (1976), Palapa A2 (1977), Palapa B1 (1983), Palapa B2 (1984), Palapa B2P (1987), Palapa B2R (1990), Palapa B4 (1992), Palapa C1 (1996), Palapa C2 (1996), Palapa D (2009), serta Palapa N1 ___ yang gagal mengorbit setelah diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Middle (XLSC) di Xichang, China, pada 2020 lalu



dan rencananya akan dioperasikan oleh PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera

(PSNS)
.

Baca :   Sebutkan 3 Teknik Melempar Bola Kasti

Nama Palapa sendiri diambil dari sumpah Palapa oleh Patih Gajah Mada dari Majapahit pada 1336, yang bertekad tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan wilayah-wilayah Nusantara. Sebagaimana sumpah Gajah Mada tersebut, Satelit Palapa diharapkan mampu menjadi sarana mumpuni yang menyatukan wilayah Nusantara yang amat luas dengan memangkas jarak komunikasi antardaerah demi mendukung pembangunan nasional. Dengan dekatnya ‘jarak’ tersebut, maka Satelit Palapa memfasilitasi gerbang informasi bagi pemerintah. Di mana jika setiap ada persoalan, tak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan informasi yang valid sehingga langkah-langkah penyelesaian pun dapat lebih cepat diambil.

Proyek Satelit Palapa yang menelan biaya Rp 561 miliar kala itu

pun membawa manfaat signifikan dalam bidang komunikasi dan penyiaran bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya mendukung layanan telepon, telex, telegram, dan faksimili antarkota di Indonesia, Satelit Palapa juga menjadi infrastruktur utama pendistribusian programme televisi nasional sehingga dapat disaksikan oleh rakyat Republic of indonesia dari Sabang sampai Merauke. Di samping Televisi Republik Republic of indonesia (TVRI), satelit Palapa berperan pula pada lahirnya televisi-televisi swasta di Republic of indonesia. Begitu pula dengan jaringan radio, selain Radio Republik Indonesia (RRI), radio-radio swasta pun dapat menjangkau jaringan ke banyak kota dalam satu naungan berkat Satelit Palapa.

Mengutip Lipi.get.id, Palapa generasi dahulu kini telah digantikan generasi satelit komunikasi yang lebih hebat, seperti Satelit Telkom-2 yang diluncurkan pada 2005 lalu. Di mana selain mampu menjadi tulang punggung transmisi untuk Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ), Sambungan Langsung Internasional (SLI), internet, dan komunikasi militer, juga mampu dimanfaatkan untuk siaran baik itu Television set, radio, telekonferensi. Termasuk, akses internet, afar learning, serta bisnis Very Small Aparture Final (VSAT) untuk perbankan dan pertambangan.

Baca :   Berikut Ini Yang Termasuk Konflik Bernuansa Agama Yaitu

Wah, keren banget enggak sih sobat Revmen? Mengorbitnya Satelit Palapa A1 menjadi tonggak yang mampu memperkuat dan meningkatkan persatuan, khususnya dengan teknologi informasi dan komunikasi yang tergambar lewat penyiaran televisi dan radio di seluruh Indonesia. Satelit Palapa juga memfasilitasi akses informasi global yang dapat mendukung pada meningkatnya kecerdasan bangsa,
 lho! Seiring perkembangan zaman, kita pun dapat mencontoh semangat diinisiasinya Satelit Palapa untuk terus mengupayakan dan merawat persatuan Republic of indonesia lewat berbagai cara ataupun medium lainnya! #AyoBerubah #IndonesiaBersatu

Sumber Foto:

https://www.liputan6.com/news/read/4007876/palapa-a1-satelit-pertama-indonesia-mengorbit-43-tahun-silam

Referensi:

Lipi.get.id, 29/08/07

Infoastronomy.org, 07/07/15

Historia.id, 09/07/eighteen

Republika.co.id, 04/08/19

Liputan6.com, 09/07/xix

Tekno.kompas.com, ten/04/twenty

Kompas.com, 08/07/20

Tirto.id, 09/07/xx

Kumparan.com, 09/07/20

Reporter: Melalusa Susthira K.

Editor: Harod Novandi

Diunggah oleh:

Administrator

Sekertariat Revolusi Mental

Satker Revolusi Mental

1.  Pengertian

a) Sistem informasi adalah suatu perangkat informasi yang berfungsi untuk memberikan data keterangan, pemberitahuan dan laporan sehingga dapat mempengaruhi perkembangan masyarakat. Menurut Alvin Toffler bahwa informasi dapat mempengaruhi pembentukan masyarakat.

b) Sistem komunikasi adalah perangkat komunikasi yang terkait satu sama lain dan berfungsi untuk membrikan, memindahkan atau membagi informasi kepada pihak-pihak yang saling berkaitan.

c) Sistem transportasi adalah suatu perangkat pengangkutan berang oleh berbagai jenis kendaraan, sesuai dengan kemajuan zaman.

Seiring dengan perkembangan iptek, maka ketiga sektor di atas juga mengalami perkembangan yang pesat. Apalagi dewasa ini sehingga dapat mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitasnya.

2. Sistem komunikasi Satelit Domestik (SKSD)

Satelit adalah prasarana komunikasi karena daya jangkauannya yang luas sehingga mengatasi lengkungan dan tekstur permukaan bumi, nilai strategis inilah yang mendorong keputusan untuk menjalankan SKSD.

Penggunaan SAtelit Palapa oleh Republic of indonesia memberi dimensi baru dan bermakna dalam mempererat kesatuan bangsa dan menunjang konsep Wawasan Nusantara bagi kepentingan negara, maka pada nine Juli 1976 diluncurkan satelit Palapa I, dimana satelit ini dirancang oleh Hughes Air Craft Companny. Manfaat SKSD bagi bangsa Republic of indonesia :

Baca :   Mengapa Pengetahuan Sosiologi Perlu Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari Hari

a) Siaran televisi nasional dapat menjangkau ke seluruh wilayah Nusantara,

b) Hubungan telekomunikasi dapat dengan mudah dan cepat,

c) Kuantitas dan kualitas kemampuan telekomunikasi diperbesar.

Secara bertahap seluruh wilayah Indonesia dapat dijangkau oleh jaringan SKSD Palapa Satelit lewat tiga generasi yaitu :

a) Generasi I : Palapa A (viii Juli 1976) dan Az (10 Maret 1977)

b) Generasi 2 : B1 (19 Juni 1983), B2 (vi Februari 1984), B2p (xx Maret 1987), B2R (20 Maret 1990), B4 (7 Mei 1992)

c) Generasi Iii : C-ane (Februari 1996) dan C-2 (16 Mei 1996).

Satelit jenis terbaru, mampu menjangkau wilayah Islamic republic of iran, Australia, Rusia dan Selandia Baru. Satelit ini juga memiliki sumber daya 4 kali lebih besar dibanding sebelumnya. Masa operasionalnya tergantung bahan bakar yang dimiliki. Rata-rata berkisar 7 sampai nine tahun. Australia, Brunei, Papu New Guinea, Macao, Malaysia, Seladia dan Vietnam merupakan negara yang menyewa satelit Republic of indonesia.

keberadaan SKSD Palapa, Republic of indonesia mampu membangun jaringan Sentral Telepon Otomat (STO) baik dalam bentuk Sambungan Langsuung Jarak Jauh (SLJJ) maupun Sambungan Langungs Internasional (SLI) dalam jumlah besar, mengembangkan jaringan telepon genggam seluler maupun sistem radio panggil serta dewasa ini perkembangan teknologi komputer yang dipadukan dengan telepon lewat jaringan internet.

 Juga informasi-informasi lewat media pos elektrik (e-mail), sehingga penduduk Republic of indonesia Indonesia sekarang ini, terutama di perkotaan akan semakin mudah dan cepat dalam berkomunikasi atau memperoleh informasi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Untuk mengendalikan satelit Palapa, telah dibangun stasiun bumi lintas utama di ibu kota propinsi, pengendali utama di Cibinong maupun stasiun bumi lintas tipis baik dengan Tv set atau tanpa Idiot box.

Sumber : HAYATI, Panduan Lembar Kerja Siswa

Lihat Edukasi Selengkapnya

Fungsi Sksd Sebagai Sarana Dalam Berbagai Aktivitas Komunikasi Antara Hubungan

Source: https://apayangkamu.com/sistem-komunikasi-satelit-domestik-atau-sksd-palapa-merupakan-satelit-komunikasi-yang-dimiliki-indonesia-apa-manfaat-sksd-palapa-bagi-masyarakat-indonesia

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …