Diskusikan Cara Mengurangi Sampah Yang Bisa Kamu Lakukan

Diskusikan Cara Mengurangi Sampah Yang Bisa Kamu Lakukan

Cara mengurangi sampah plastik dengan mudah – Belakangan ini, penggunaan plastik sepertinya sulit dihindari dalam kehidupan. Hampir segala aspek membutuhkan bahan plastik sebagai pelengkapnya.


Plastik adalah bahan yang sulit terurai dengan tanah, setidaknya dibutuhkan 50 sampai 100 tahun sampai bisa terurai. Oleh sebab itu, sebaiknya penggunaan plastik mulai dikurangi.

Dampak buruk lainnya yang bisa terjadi ialah dapat menjadi limbah yang bisa merugikan makhluk hidup.

Belum lama ini, seekor paus mati dan terdampar, saat dilihat isi perutnya, ternyata perut paus tersebut penuh dengan sampah plastik. Sungguh miris bukan?

Begitu masifnya penggunaan plastik, ditambah kurangnya kesadaran membuang sampah sembarangan, bisa menyebabkan sampah-sampah plastik tersebut berserakan di mana-mana, termasuk terbawa arus sampai ke laut.

Pada akhirnya lingkungan pun mulai tercemar dan makhluk hidup lain yang menjadi korban.

Saya rasa Anda sudah tahu banyak mengenai dampak buruk penggunaan plastik ini. Sekarang saatnya melakukan sedikit perubahan dalam hidup, untuk mengurangi dampak buruk tersebut.

Memang penggunaan plastik tidak bisa dihindari, tetapi sebenarnya ada beberapa cara mengurangi sampah plastik yang bisa dilakukan dengan mudah seperti di bawah ini:

1. Menggunakan Tas Belanja

Saat bepergian, selalu siapkan tas belanja dikendaraan Anda. Tas belanja bisa terbuat dari bahan kain yang bisa dilipat-lipat dan digunakan berulang kali.

Sehingga, cara sederhana ini begitu ampuh dalam mengurangi sampah plastik yang dihasilkan saat Anda berbelanja ke supermarket atau ke pasar tradisional.

Selain menggunakan tas belanja berbahan kain, bisa juga para pedagang mengganti kantong plastik kresek yang biasa dipakai, menggunakan kantong yang terbuat dari kertas. Karena kertas bisa dikatakan lebih ramah lingkungan.

Kertas bisa terurai dalam jangka waktu 2 sampai 5 bulan, jauh lebih cepat daripada plastik.

2. Membawa Botol Minuman

Sumber sampah plastik lainnya yang paling banyak digunakan ialah botol plastik. Semua produk minuman rata-rata menggunakan bahan plastik dan kaleng.

Untuk mengurangi sampah botol plastik, Anda bisa mensiasatinya dengan cara membawa botol minum sendiri dari rumah.

Atau jika Anda perlu membeli air, cukup beli airnya saja tanpa perlu botol ataupun menggunakan plastik sebagai wadahnya.

Jika Anda ingin membawa kopi hangat atau minuman dingin agar lebih awet, Anda bisa menggunakan botol minum termos.

Selain bisa mengurangi penggunaan plastik, dengan membawa tempat minum sendiri, Anda pun bisa lebih menghemat, karena tidak perlu membeli minuman saat Anda bepergian.

3. Membagikan Informasi Bahaya Plastik

Kurangnya informasi tentang bahaya penggunaan plastik yang masif, berdampak pada kurangnya kesadaran masyarakat akan hal tersebut.

Oleh karena itu, penting rasanya untuk selalu menghimbau orang terdekat dalam mengurangi pemakaian plastik.

Anda tidak perlu menjadi penggiat anti kantong plastik, tetapi cara sederhana untuk mengurangi sampah plastik yang bisa Anda lakukan ialah dengan membagikan artikel-artikel atau tulisan yang berisi tentang bahaya penggunaan plastik.

Baca :   Salah Satu Pengaruh Positif Perkembangan Iptek Di Bidang Politik Adalah

Diharapkan setelah masyarakat mulai paham dengan efek buruk yang ditimbulkan bagi lingkungan, lama-lama banyak orang yang akan sadar tentang bahaya plastik bagi lingkungan ini, dan akhirnya mulai mengurangi penggunaan plastik.

4. Menggunakan Produk Berbahan Kaca

Memang produk-produk yang menggunakan bahan dasar kaca sebagai pembungkus, itu lebih mahal.

Namun, sebenarnya wadah kaca tersebut bisa multifungsi. Jadi masih sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Saat Anda selesai menggunakan produk tersebut, Anda bisa memanfaatkan botol beling tersebut untuk tempat makanan lain, atau bisa jadi tempat bumbu-bumbu dapur.

5. Hindari Sedotan

Sedotan juga merupakan penyumbang sampah plastik yang besar. Salah satu cara mengurangi sampah plastik yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak menggunakan sedotan saat Anda membeli minuman.

Biasanya, restoran cepat saji selalu menambahkan sedotan pada minuman yang Anda pesan. Mulai sekarang, Anda bisa menolak jika diberikan sedotan.

Lagipula, Saya sendiri juga bingung apa alasan orang dewasa minum pakai sedotan. Karena pada prinsipnya, Anda bisa meneguk minuman langsung secara perlahan, daripada harus menggunakan sedotan.

6. Belanja Dalam Jumlah Besar

Salah satu cara sederhana lain dalam mengurangi sampah plastik ialah dengan berbelanja dalam jumlah besar. Semakin sering Anda belanja, tentu semakin banyak plastik yang Anda gunakan.

Cobalah untuk berbelanja sekaligus, selain bisa dapat lebih banyak diskon, belanja dalam jumlah besar juga lebih efektif dari segi waktu.

7. Kurangi Penggunaan Tisu Basah

Banyak yang belum tahu bahwa tisu basah menggunakan resin plastik dalam pembuatannya.

Dengan mengurangi penggunaan tisu basah atau bahkan menggantinya dengan tisu biasa yang dibasahi sedikit air, tentu Anda sudah melakukan cara mengurangi sampah plastik yang efektif.

Baca :   Kd Prakarya Kelas 8 Semester 2

Mengganti tisu basah dengan tisu biasa yang dibasahi air memang terdengar lebih ribet, tetapi itu merupakan cara sederhana dalam mengurangi sampah plastik yang mudah.

8. Memanfaatkan Sampah Botol Plastik

Pasti Anda sudah sering melihat liputan-liputan tentang kerajinan tangan yang terbuat dari botol plastik atau sampah plastik lainnnya. Tak ada salahnya kalau Anda mempelajarinya juga!

Selain bisa jadi pajangan penghias di rumah sendiri, kerajianan tangan dari botol plastik bekas ini juga bisa dijual.

Baca Juga:

  • 9 Cara Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah
  • 10 Kota Terbersih di Dunia dan Nyaman Dihuni
  • Manfaat Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari

Langkah-langkah sederhana cara mengurangi sampah plastik di atas bisa dilakukan oleh setiap orang. Namun, diperlukan kesadaran dari kita sendiri untuk memulainya, barulah orang lain bisa mencontoh kita.


Diskusikan Cara Mengurangi Sampah Yang Bisa Kamu Lakukan

Source: https://www.mysimpletricks.com/cara-mengurangi-sampah-plastik/

Artikel Terkait

Leave a Comment