Dipandang Dari Penyaluran Aspirasi Rakyat Demokrasi Terbagi Atas

Dipandang Dari Penyaluran Aspirasi Rakyat Demokrasi Terbagi Atas

Terdapat macam-macam demokrasi jika dibagi berdasarkan jenisnya masing-masing. Macam-macam demokrasi ini bisa dilihat dari bentuknya, prosesnya, hingga ideologinya. Berikut macam-macam demokrasi yang perlu kamu ketahui:

1. Demokrasi Berdasarkan Bentuknya

Macam-macam demokrasi berdasarkan bentuknya dibagi menjadi dua yakni demokrasi prosedural dan demokrasi substansial.

– Demokrasi Prosedural, yaitu bentuk demokrasi dimana proses pemilihan pemimpin dilakukan secara langsung. Misalnya Pilpres, Pilkada.

– Demokrasi Substansial, yaitu bentuk demokrasi dimana nilai-nilai demokrasi diwujudkan dan terdapat perlindungan terhadap minoritas. Misalnya, kebebasan menyampaikan pendapat tanpa merugikan kepentingan umum.

2. Demokrasi Berdasarkan Prosesnya

Macam-macam demokrasi berdasarkan prosesnya dibagi menjadi dua yakni demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung.

– Demokrasi langsung, yaitu proses demokrasi dimana semua elemen masyarakat ikut dalam permusyawaratan untuk merumuskan dan memutuskan kebijakan Undang-Undang.

Demokrasi ini membutuhkan partisipasi luas warga dalam politik. Demokrasi langsung adalah ketika warga negara dapat menentukan kebijakan secara langsung, tanpa perwakilan,perantara atau majelis parlemen. Jika pemerintah harus mengesahkan undang-undang atau kebijakan tertentu, peraturan tersebut ditentukan oleh rakyat. Mereka memberikan suara pada suatu masalah dan menentukan nasib negara mereka sendiri.

– Demokrasi tidak langsung, yaitu proses demokrasi dimana kebijakan umum atau Undang-Undang dirumuskan dan diputuskan oleh lembaga perwakilan rakyat, misalnya Dewan Perwakilan Rakyat.

Demokrasi tidak langsung atau demokrasi representatif adalah ketika orang memilih siapa yang akan mewakili suara mereka di parlemen. Demokrasi ini adalah bentuk demokrasi yang paling umum ditemukan di seluruh dunia.

Sebagian besar negara demokrasi tidak langsung di dunia menganggap diri mereka sebagai negara demokrasi liberal. Ini karena mereka lebih menghargai kebutuhan warga negara mereka daripada kebutuhan seluruh negara. Inilah sebabnya mengapa di negara-negara seperti India dan Amerika Serikat, sulit untuk menyatakan keadaan darurat.

3. Demokrasi Berdasarkan Ideologinya

Berdasarkan ideologinya, macam-macam demokrasi dibagi menjadi tiga yakni demokrasi liberal, demokrasi sosial, dan demokrasi pancasila.

– Demokrasi Liberal, yaitu ideologi demokrasi yang berlandaskan pada kebebasan individu. Dalam pelaksanaannya, negara memiliki kekuasaan terbatas dan harus memberikan perlindungan terhadap hak-hak individual dalam kehidupan warga negaranya.

Baca :   Tema 5 Kelas 5 Subtema 1

– Demokrasi Sosial, yaitu ideologi demokrasi yang berlandaskan komunalisme rakyat suatu negara. Dalam pelaksanaannya, negara menjadi pemilik kekuasaan dominan yang mewakili rakyat. Kepentingan umum lebih diutamakan ketimbang hak-hak individual yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat.

– Demokrasi Pancasila, yaitu ideologi demokrasi yang berlandaskan kepada nilai-nilai Pancasila. Indonesia menggunakan demokrasi Pancasila, seperti yang tertuang dalam sila ke-4 Pancasila.

Lihat Foto

Ilustrasi demokrasi.

88822222

KOMPAS.com
– Dalam sebuah negara demokrasi kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Dijalankan langsung oleh rakyat atau wakil-wakil yang dipilih melalui sistem pemilihan bebas.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Abraham Lincoln menyatakan demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Rakyat punya kebebasan melakukan semua aktivitas kehidupan termasuk aktivitas politik tanpa tekanan dari pihak mana pun. Karena pada hakikatnya yang berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama.

Sebagai konsep politik, demokrasi adalah landasan dalam menata sistem pemerintahan negara yang terus berproses ke arah lebih baik.

Dalam proses tersebut, rakyat berperan penting menentukan atau memutuskan berbagai hal menyangkut kehidupan bersama sebagai sebuah bangsa dan negara.

Baca juga: Demokrasi: Pengertian, Sejarah Singkat dan Jenis

Daftar Isi:

Baca :   Sebutkan Etika Dan Moral Menggunakan Tik

Klasifikasi demokrasi

Demokrasi telah menjadi sistem politik yang dianut sebagian besar negara di dunia. Meski begitu, pelaksanaan demokrasi berbeda-beda tergantung sudut pandang masing-masing.

Adanya keanekaragaman sudut pandang tersebut membuat demokrasi dapat diklasifikasikan menjadi berbagai macam bentuk, antara lain:

Berdasarkan titik berat perhatian

Berdasarkan titik berat perhatiannya, bentuk demokrasi ada tiga, yaitu:

09 Desember 2022 09:25

Pertanyaan

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba
roboguru plus!


Jawaban terverifikasi

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

27 Desember 2022 00:07

Halo Siska, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang benar opsi D yakni ideologi komunis, yuk mari simak pembahasannya. Korea Utara yang memiliki nama resmi Republik Rakyat Demokratik Korea adalah sebuah negara dengan kedudukan awalnya mendapat dukungan dari Uni Soviet dan Republik Rakyat Cina. Dukungan tersebut karena terdapat adanya kesamaan ideologi antara Kim Il Sung dengan Joseph Stalin dan Mao Zedong. Kim Il Sung kemudian mendeklarasikan ideologi Korea Utara sebagai Juche (Komunisme ala Kore Utara) dan menganut sistem satu partai, yakni partai pemerintah Korea Utara bernama Front Demokratis Untuk Reunifikasi Tanah Air. Perlu diketahui bahwa sistem demokrasi ala komunisme adalah mobilisasi rakyat dalam satu partai, umumnya negara-negara komunis hanya memiliki satu partai dan Korea Utara salah satunya. Jadi, dengan demikian jawaban yang benar adalah opsi D. Semoga bisa membantu Siska.

Ilustrasi demokrasi. Sumber: unsplash.com


Dipandang dari penyaluran aspirasi rakyat, demokrasi terbagi atas langsung dan tidak langsung. Selain itu, sebenarnya masih ada beberapa klasifikasi

demokrasi

yang penting untuk diketahui rakyat Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan negara yang menganut ideologi demokratis yang cukup kental.


Secara umum, demokrasi bisa diartikan sebagai suatu sistem pemerintahan yang menggunakan sistem perwakilan serta menjamin pemerintahan untuk mempertanggungjawabkan tiap tindakan dan keputusan mereka. Hal ini menjadi bagian penting dalam demokrasi karena tindakan dan keputusan tersebut akan berdampak langsung pada rakyat.

Baca :   Manfaat 5s Senyum Salam Sapa Sopan Santun

Istilah Klasifikasi Demokrasi yang Dipandang dari Penyaluran Rakyat

Ilustrasi demokrasi. Sumber: unsplash.com


Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa dipandang dari penyaluran aspirasi rakyat, demokrasi terbagi atas langsung dan tidak langsung. Adapun pengertian kedua

istilah

demokrasi tersebut dikutip dari buku

Demokrasi dan Hak Asasi Manusia

karya


Suarlin dan Fatmawati


(2022) adalah sebagai berikut.


Demokrasi langsung merupakan paham demokrasi yang mengikutsertakan setiap warga negara dalam proses pemusyawaratan dengan tujuan untuk menentukan kebijakan umum negara.

2. Demokrasi Tidak Langsung


Demokrasi tidak langsung merupakan demokrasi yang dilaksanakan dengan menerapkan sistem perwakilan. Adapun penerapan demokrasi seperti ini biasanya dilakukan karena jumlah penduduk dalam suatu negara yang banyak, wilayah yang terlalu luas, serta permasalah negara yang rumit dan kompleks.


Selain kedua jenis demokrasi tersebut, ada juga istilah demokrasi yang didasarkan pada prinsip ideologi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Demokrasi Konstitusional


Demokrasi konstitusional merupakan demokrasi yang berdasarkan pada kebebasan atau individualisme. Ciri khas dari demokrasi ini adalah adanya kekuasaan pemerintah yang terbatas dan tidak boleh banyak campur tangan serta bertindang sewenang-wenang terhadap rakyatnya.


Demokrasi rakyat atau proletar cenderung berhaluan Marxisme-Komunisme yang mengidam-idamkan kehidupan yang tidak mengenal kelas sosial. Jadi, rakyat dibebaskan dari keterikatannya atas pemilikan pribadi tanpa adanya penindasan atau paksaan.


Demokrasi

pancasila

adalah demokrasi yang berlaku di Indonesia dengan pancasila sebagai sumber dan tata nilai sosial budaya bangsa.


Itu dia penjelasan tentang berbagai istilah demokrasi. (Anne)

Dipandang Dari Penyaluran Aspirasi Rakyat Demokrasi Terbagi Atas

Source: https://mempelajari.com/dipandang-dari-cara-menyampaikan-pendapat-penyaluran-aspirasi-rakyat-demokrasi-terbagi-atas

Artikel Terkait

Leave a Comment