Dibawah Ini Saluran Mobilitas Sosial Kecuali

Dibawah Ini Saluran Mobilitas Sosial Kecuali



Pertanyaan


Berikut saluran mobilitas sosial, kecuali ….


  1. angkatan bersenjata


  2. lembaga-lembaga keagamaan


  3.  lembaga-lembaga pendidikan


  4. lembaga pemasyarakatan





Pembahasan




Terjadinya mobilitas sosial berlangsung melalui beberapa saluran. Berikut ini beberapa saluran yang dapat menjadi sarana terjadinya mobilitas sosial.


  1. Lembaga pendidikan


  2. Organisasi politik


  3. Organisasi ekonomi


  4. Organisasi profesi/keahlian





Jawaban E




Lembaga pendidikan merupakan saluran mobilitas sosial vertikal ke atas. Orang-orang yang mendapatkan pendidikan tinggi biasanya akan mengalami mobilitas sosial vertikal ke atas. Orang tersebut lebih dihormati dan perannya diperhitungkan di masyarakat.




Organisasi politik juga merupakan saluran mobilitas sosial. Misalnya seseorang menjabat dalam sebuah jabatan dalam struktur kepengurusan organisasi.




Selain itu organisasi ekonomi dapat menjadi sarana bagi seseorang atau kelompok untuk melakukan mobilitas sosial. Misalnya dengan bergabung terhadap koperasi, kepemilikan perusahaan dan lain sebagainya.




Dan yang terakhir adalah organisasi profesi atau keahlian. Contohnya adalah persatuan organisasi guru, dokter, tentara, atlet olahraga, dan organisasi profesi lainnya.

Geografi

Dibawah ini adalah beberapa contoh saluran mobilitas sosial, kecuali:

  1. organisasi politik.
  2. organisasi profesi.
  3. pendidikan.
  4. organisasi budaya.

Jawabannya adalah d. organisasi budaya.

Dibawah ini adalah beberapa contoh saluran mobilitas sosial, kecuali organisasi budaya.

Penjelasan dan Pembahasan

Jawaban
a. organisasi politik
menurut saya ini salah, karena sudah menyimpang jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban
b. organisasi profesi
menurut saya ini juga salah, karena setelah saya cek di situs ruangguru ternyata lebih tepat untuk jawaban pertanyaan lain.

Jawaban
c. pendidikan
menurut saya ini malah 100% salah, karena tadi saat coba cari buku catatan, jawaban ini cocok untuk pertanyaan lain.

Jawaban
d. organisasi budaya
menurut saya ini yang benar, karena sudah tertulis dengan jelas pada buku dan catatan rangkuman pelajaran.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pilihan jawaban yang paling benar adalah d. organisasi budaya..

Baca :   Jenis Fungi Yang Dipergunakan Untuk Pembuatan Sake Di Jepang Adalah

Jika masih ada pertanyaan lain, dan masih bingung untuk memilih jawabannya. Bisa tulis saja dikolom komentar. Nanti saya bantu memberikan jawaban yang benar.

Lihat juga kunci jawaban pertanyaan berikut:


fikasusanti71


fikasusanti71

Jawaban:

Saluran mobilitas sosial meliputi

a. Angkatan bersenjata

b. Lembaga2 keagamaan

c. Lembaga pendidikan

d. Organisasi politik

east. Organisasi ekonomi

f. Organisasi keahlian

g. Saluran perkawinan

Penjelasan:

a.angkatan bersenjata

Mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan seseorang atau kelompok anggota masyarakat dari status sosial yang satu ke status sosial yang lainnya dalam suatu struktur sosial pada masyarakat. Mobilitas sosial mempunyai kaitan yang erat dengan stratifikasi sosial atau pelapisan sosial, mengingat mobilitas sosial merupakan gerak pindah dari suatu lapisan ke lapisan yang lainnya, baik dari bawah ke atas maupun dari atas ke bawah. Saluran mobilitas sosial merupakan jenis bidang atau tahap yang ditempuh untuk melakukan gerak sosial.

Poin yang ditanyakan adalah yang bukan termasuk saluran mobilitas sosial vertikal.

Menurut Pitirim A. Sorokin terdapat beberapa saluran mobilitas sosial, yaitu angkatan bersenjata, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi keahlian, dan perkawinan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.


Diketahui jarak sebuah peta sama dengan five cm, sedangkan jarak sebenarnya one km Hitunglah skala peta tersebut!​


Diketahui jarak sebuah peta sama dengan 5 cm, sedangkan jarak sebenarnya one km Hitunglah skala peta tersebut!​


Apa yang menyebabkan seseorang itu malas? Jelaskan bagaimana cara mengatasinya!​


Negara ASEAN penghasil bijih besu terbesar di dunia adalah….. A. Indonesia B. Vietnam C. Malaysia D. Lao people’s democratic republic​


Jelaskan pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang di benua Australia?​


Apa dampak positif dan dampak negatif dari virus corona terhadap dinamika Penduduk?


komponen kabupaten bantul​


sumber dan tahun pembuatan peta pulau jawa adalah ​

Baca :   Karya Seni Patung Termasuk Karya Seni Rupa


suku pendatang di timor leste​


bagaimana keadaan iklim nehar laos? ​

Berikut saluran mobilitas sosial, kecuali ….

a. angkatan bersenjata

b. lembaga-lembaga keagamaan

c. lembaga pendidikan

d
.


lembaga


pemasyarakatan

Pembahasan

Mobilitas sosial (gerakan sosial) adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, atau penurunan status dan peran anggotanya. Dari arah pergerakannya, mobilitas sosial terdapat dua bentuk yaitu mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal. Mobilitas sosial vertikal dibedakan menjadi social sinking (mobilitas vertikal ke bawah) dan social climbing (mobilitas vertikal ke atas). Sedangkan mobilitas sosial horizontal dibedakan menjadi mobilitas sosial antarwilayah dan mobilitas antargenerasi.

Menurut Ptirim A Sorokin, mobilitas sosial dapat dilakukan melalui beberapa saluran yaitu angkatan bersenjata, lembaga pendidikan, organisasi politik, lembaga keagamaan, organisasi ekonomi, organisasi profesi, perkawinan, organisasi keolahragaan, serta organisasi pemerintahan dan swasta.

a. Angkatan bersenjata

Bagi seseorang yang tergabung dalam angkatan bersenjata biasanya ikut berjasa dalam membela bangsa, sehingga dengan jasa tersebut ia mendapatkan sejumlah penghargaan dan dapat naik ke status yang lebih tinggi

b. Lembaga pendidikan (sekolah)

Lembaga pendidikan menjadi saluran mobilitas sosial vertikal yang paling sering digunakan dan dominan di masyarakat. Melalui pendidikan, seseorang dari status sosial rendah bisa menaikkan condition sosialnya.

c. Organisasi politik

Organisasi politik berperan besar dalam membentuk suatu pemimpin di suatu negara demokratis. Orang yang sebelumnya tidak mempunyai jabatan sebagai pemimpin dapat dijadikan seorang pemimpin apabila kebijakan dan plan kerja pro terhadap kepentingan bangsa dan negara.

d. Lembaga keagamaan

sesemua pemimpin agama pada dasarnya adalah orang-orang yang telah mengalami mobilitas vertikal dalam hierarki sosial masyarakat pemuka agama yang bersangkutan. Mula-mula mereka adalah pemeluk biasa, setelah mencapai tingkat tertentu dalam pendalaman ilmu agama serta kesalehannya, maka terjadilah mobilitas sosial. Orang yang berhasil memenuhi persyaratan tertentu akan mencapai kedudukan terhormat di antara pengikut pengikut lainnya.

Baca :   Lebih Akurat Timbangan Digital Atau Manual

e. Organisasi ekonomi

Organisasi ekonomi merupakan saluran paling besar dari semua saluran mobilitas yang ada karena di masyarakat ada banyak organisasi ekonomi. Setiap kegiatan yang bergerak di sektor ekonomi dalam bentuk dan ukuran apapun dapat digolongkan organisasi ekonomi. seorang pelayan toko yang memiliki prestasi dan cara kerja yang bagus tidak menutup kemungkinan dia akan menduduki jabatan supervisor di tempat ia bekerja. Sebaliknya,seseorang yang memiliki jabatan sebagai manajer toko akan berubah statusnya menjadi pelayan toko.

f. Organisasi profesi

Organisasi profesi yang dapat dijadikan sebagai saluran mobilitas vertikal antara lain Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dll.

g. Perkawinan

Melalui perkawinan seseorang dapat menaikkan statusnya. Misal, seorang wanita yang berasal dari keluarga biasa menikah dengan pria status sosial ekonominya lebih tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan naiknya status sosial wanita tersebut.

h. Organisasi keolahragaan

Organisasi keahlian dapat menjadi suatu wadah yang dapat menampung individu-individu dengan masing-masing keahliannya untuk diperkenalkan ke dalam masyarakat. Contohnya adalah himpunan sarjana ilmu pengetahuan, kesatuan sastrawan, dan organisasi pelukis.

i. Organisasi pemerintah dan swasta

Organisasi pemerintahan meliputi semua badan milik pemerintah, seperti berbagai kementerian dalam struktur pemerintahan dan kantor-kantor dinas yang menangani urusan tertentu dalam pemerintahan. Organisasi swasta dasarnya hampir sama dengan organisasi pemerintahan, bentuknya dapat berupa perusahaan, koperasi, dll. Apabila seseorang yang masa pengabdiannya dalam organisasi menunjukkan kesetiaan, dedikasi, dan berprestasi baik, maka dia akan dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Karena jarang sekali orang langsung menduduki jabatan tinggi.

Pelajari lebih lanjut

Detail Jawaban

Mapel : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas : 7

Materi : Dinamika interaksi manusia

Kode soal : x

Kode kategorisasi : 7.10.4

Kata kunci : Mobilitas Sosial, saluran mobilitas sosial.

Dibawah Ini Saluran Mobilitas Sosial Kecuali

Source: https://mempelajari.com/di-bawah-ini-adalah-saluran-saluran-mobilitas-sosial-kecuali

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …