Dalil Tentang Hari Akhir Beserta Artinya

Dalil Tentang Hari Akhir Beserta Artinya

VIVA – Dalil tentang hari kiamat berikut ini jangan diabaikan. Bagi umat muslim, terdapat rukun iman yang harus dipercaya yaitu iman kepada hari kiamat. Dalam rukun iman yang kelima tersebut, sebagai umat islam harus mempercayai bahwa suatu saat nanti akan terjadi hari akhir atau kiamat. Dimana hari tersebut alam semesta akan hancur tak tersisa.

Tidak ada seorang manusia yang mengetahui kedatangan hari kiamat. Oleh karenanya, sebagai umat muslim perlu mempersiapkan bekal untuk siap menghadapi hari akhir. Dalam hal ini, bekal yang dimaksud yaitu amalan-amalan baik selama hidup di dunia.

Kiamat Kubra

Ilustrasi kiamat.

Hari akhir dalam pandangan Islam dikenal dengan istilah “Kiamat Kubra”. Kata “kubra’ berasal dari bahasa Arab yang artinya besar. Dengan kata lain, kiamat kubra bisa diartikan sebagai kiamat besar. Artinya, kiamat kubra akan menhancurkan alam semesta yang mengakibatkan kemusnahan atau kebinasaan seluruh makhluk hidup.

Hal-hal yang akan terjadi pada kiamat kubra yaitu air laut yang meluap seperti tsunami, benda-benda langit akan berjatuhan, gunung-gunung berapi akan meletus. Semua kehancuran alam itu akan membuat semua manusia berusaha mencari keselamatan, tetapi tidak ada yang berhasil menyelamatkan diri. Hancurnya alam semesta adalah kebinasaan pada semua makhluk hidup dan akan mendapatkan kehidupan yang abadi di akhirat.

Baca :   Salah Satu Tujuan Kewirausahaan Kerajinan Inspirasi Budaya Lokal Yaitu

Dalil tentang hari Kiamat Menurut Surah di Al-Quran

Alquran.

Alquran.

1. Surah Al-Mu’Min ayat 59

“Innassaa’ata li-aatiyatun laa raiba fiihaa walakinna aktsarannaasi laa yu’minuun(a).”Artinya: Sesungguhnya hari Kiamat pasti akan datang. Tidak ada keraguan tentangnya, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman. (Q.S. Al-Mu’Min (40):59).

2. Surah Az-Zumar 68

“Wa nufikha fi?-??ri fa ?a’iqa man fis-samaawaati wa man fil-ar?i illaa man syaa`allaah, summa nufikha fiihi ukhraa fa izzaa hum qiyaamuy yan?ur?n.”Artinya: Sangkakala pun ditiup sehingga matilah semua (makhluk) yang (ada) di langit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian, ia ditiup sekali lagi. Seketika itu, mereka bangun (dari kuburnya dan) menunggu (keputusan Allah). (Q.S. Al-Mu’Min (39):68).

3. Surah Al-A’Raf ayat 187

“Yasaluunaka ‘anissaa’ati ai-yaana mursaahaa qul innamaa ‘ilmuhaa ‘inda rabbii laa yujalliihaa liwaqtihaa ilaa huwa tsaqulat fiis-samaawaati wal ardhi laa ta’tiikum ilaa baghtatan yasaluunaka kaannaka hafii-yun ‘anhaa qul innamaa ‘ilmuhaa ‘indallahi walakinna aktsarannaasi laa ya’lamuun(a).”

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Nabi Muhammad) tentang kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk yang) di langit dan di bumi. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

4. Surah Ash-Shura ayat 47

“Istajeeboo lirabbikum min qabli an yatiya yawmun la maradda lahu mina Allahi ma lakum min maljain yawmaithin wama lakum min nakeerin.”Artinya: Patuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya. Kamu tidak memperoleh tempat berlindung pada hari itu dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu).

5. Surat Al-Qori’ah ayat 1-5

“Al qoori’ah. Mal qoori’ah. Wa maa adrooka mal qoori’ah. Yauma yakuunun naasu kal faroosyil mabtsuuts. Wa takuunul jibaalu kal ‘ihnil manfuusy.”Artinya: “Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran,dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”

Baca :   Apakah Yang Dimaksud Dengan Augmented Reality

6. Surah Ad-Dukhan ayat 41

“Yawma laa yughnee mawlan ‘am mawlan shai’anw wa laa hum yunsaroon.”Artinya: (yaitu) hari (ketika) seorang teman setia sama sekali tidak dapat memberi manfaat sedikit pun kepada teman lainnya dan mereka tidak akan mendapat pertolongan.

7. Surat Al-Zalzalah ayat 1-8

“Izaa zul zilatil ardu zil zaalaha. Wa akh rajatil ardu athqoolaha. Wa qoolal insaanu ma laha. Yawmaa izin tuhad dithu akhbaaraha. Bi-anna rabbaka awhaa laha. Yawma iziy yas durun naasu ash tatal liyuraw a’maalahum. Famaiy ya’mal mithqala zarratin khai raiy-yarah. Wa maiy-y’amal mithqala zarratin sharraiy-yarah.”

Artinya: “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: ‘Mengapa bumi (menjadi begini)?’, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.”

8. Surat Al-Ahzab ayat 63

“Yas’alukan naasu ‘anis Saa’ati qul innamaa ‘ilmuhaa ‘indal laah; wa maa yudriika la’allas Saa’ata takuunu qariibaa.”Artinya: “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah’. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.”

9. Surat An-Naml ayat 87

“Wa Yawma yunfakhu fis Suuri fafazi’a man fis samaawaati wa man fil ardi illaa man shaaa’al laah; wa kullun atawhu daakhiriin.”Artinya: “Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.”

Baca :   Candi Abang Blambangan Jogotirto Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Surat Al-Hajj ayat 7

“Wa annas Saa’ata aatiya tul laa raiba fiiha wa annal laaha yab’asuman fil qubuur.”Artinya: “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.”

Dalil Kiamat Menurut Hadist

Inspirasi dan Hadist

Inspirasi dan Hadist

1. HR. Bukhari dan Muslim

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah tabaraka wa ta’ala menggenggam bumi pada hari kiamat, Allah melipat langit dengan tangan kanan-Nya, kemudian Allah berkata; ‘Aku lah Sang Raja, manakah para raja yang dahulu berkuasa di bumi?”

2. HR. Bukhari dan Muslim

Dari Abdullah bin Mas’ud dan Abu Musa radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya pada saat dekat hendak terjadi kiamat akan ada hari-hari dimana ketika itu kebodohan merata, ilmu diangkat, dan banyak terjadi al-harj.” Yang dimaksud al-harj adalah pembunuhan.

Tanda-tanda Kiamat Kubra

Ilustrasi kiamat.

Ilustrasi kiamat.

Bagi umat Islam mengetahui tanda-tanda kiamat kubra adalah suatu hal yang wajib. Dengan mengetahui tanda-tanda kiamat kubra membuat seorang umat Islam semakin percaya bahwa hari akhir akan datang. Berikut tanda-tanda kiamat kubra.

  • Munculnya Api dari kawah Aden
  • Rusaknya Ka’bah
  • Matahari Terbit dari Sebelah Barat
  • Munculnya Imam Mahdi
  • Munculnya Dajjal
  • Turunnya Nabi Isa. A. S
  • Munculnya Binatang Melata
  • Kemunculan Ya’juj dan Ma’juj
  • Terjadinya Gempa Bumi Dahsyat
  • Munculnya Kabut Asap

Demikian informasi mengenai dalil tentang hari kiamat menurut Surah di Al-Qur’an dan hadist. Semoga kita bisa mempersiapkan untuk hari akhir berupa amalan-amalan baik dan menjauhi segala larangan Allah SWT. Semoga kita dilindungi dan diberi petunjuk oleh Allah SWT selama hidup di dunia.

Dalil Tentang Hari Akhir Beserta Artinya

Source: https://www.viva.co.id/edukasi/1458749-dalil-tentang-hari-kiamat

Artikel Terkait

Leave a Comment