Dalam Hukum Tajwid Ada 2 Macam Bacaan Mad Yaitu

Dalam Hukum Tajwid Ada 2 Macam Bacaan Mad Yaitu

xiii Macam-Macam Mad Bacaan Tajwid Al Quran Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

Kapanlagi Plus
– Memahami mad bacaan tajwid Al Quran wajib dilakukan untuk menyempurnakan lantunan ayat suci Al Quran. Ada macam-macam mad bacaan Al Quran yang perlu diketahui beserta penjelasan dan contohnya. Sehingga dengan memahami beberapa jenis mad bacaan tajwid Al Quran akan membuat bacaan Al Quran semakin baik dan sempurna.

Dalam agama Islam Al Quran merupakan kitab suci yang penting untuk diamalkan. Salah satunya adalah dengan membaca ayat suci Al Quran terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6666 ayat. Membaca Al Quran termasuk ibadah yang tidak dapat dilewatkan selain ibadah utama lainnya seperti sholat, puasa, ataupun sedekah.



Termasuk ibadah sunah, membaca Al Quran dapat mendatangkan pahala baik bagi pembaca ataupun sekedar mendengarkan. Dalam membaca Al Quran memiliki cara dan hukum tertentu yang perlu dipahami setiap umat muslim ketika membaca Al Quran. Salah satunya adalah wajib memahami macam bacaan mad tajwid dalam Al Quran.

Mad bacaan tajwid Al Quran tersebut berfungsi untuk mengetahui panjang pendek sebuah bacaan Al Quran yang ditandai dengan adanya huruf alif, wawu, dan ya’ biasanya huruf mad tersebut terletak di sejumlah ayat Al Quran yang terbagi dalam beberapa macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran.

Lalu apa saja macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran?

Adapun macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran lengkap dengan penjelasan dan contohnya terdapat dalam beberapa poin di bawah. Berikut macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran yang dirangkum dari berbagai sumber.

one. Mad Thabi\’i

Macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran yang pertama adalah mad thabi’i. Mad thabi’i dapat disebut juga dengan mad asli. Dalam artian mad thabi’i merupakan bacaan mad yang terjadi apabila ada huruf alif terletak sesudah fathah atau ya’ sukun terletak sesudah kasrah, dapat juga huruf wawu terletak sesudah dhammah. Dimana saat ada bacaan dengan huruf mad tersebut maka dihukumi dengan bacaan mad thabi’i yang berarti panjang dan biasa. Panjang mad thabi’i yakni satu alif atau dua ketukan.

Baca :   Suatu Lingkaran Mempunyai Jari Jari 10 Cm

Adapun contoh dari bacaan mad thabi’i tersebut yakni seperti pada gambar di atas dimana terdapat huruf ya’ terletak sesudah kasrah. Sehingga bacaan tersebut masuk dalam mad thabi’i yang dibaca satu atau dua ketukan panjang.

2. Mad Far\’i

Macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran selanjutnya adalah mad Far’i. Mad far’i secara Bahasa berarti cabang, sedangkan secara istilah mad far’i berarti mad yang merupakan tambahan dari mad asli terdapat hamzah atau sukun setelah huruf mad. Dari macam mad far’i ini terdapat beragam jenis bacaan mad tajwid Al Quran yang dibagi dalam beberapa kategori yakni dari sukun dan hamzah. Pada kategori sukun mad far’i memiliki beberapa jenis seperti mad aridh dan mad Ashli.

Sedangkan kategori hamzah, mad far’i memiliki beberapa jenis yakni muttashil, munfashil, dan badal. Diantara mad far’i tersebut pada poin selanjutnya yang dapat kalian pahami berdasarkan macam-macan mad bacaan tajwid Al Quran

3. Mad Wajib Muttashil

Macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran selanjutnya yang merupakan kelompok dair mad far’i adalah mad wajib mutthasil. Mad jenis ini terjadi saat huruf mad dan hamzah berada pada satu kata. Maksudnya mad bertemu dengan hamzah dalam satu kata ayat Al Quran. Mad wajib mutthasil dibaca dengan panjang lebih dari dua harakat. Berkisar antara 4-5 harakat ketika terjadi washal dan waqaf. Sedangkan dibaca 6 harakat apabila terdapat mad wajib mutthasil berada di ujung kata dan dibaca waqaf. Adapun contohnya seperti pada gambar di atas yang menunjukkan terjadinya mad thabi’i yang ditambah dengan hamzah.

v. Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran lainnya adalah mad lazim mutsaqqal kilmi. Mad lazim mutsaqqal kilmi ini dapat terjadi saat mad asli atau mad thabi’i bertemu dengan tasydid pada satu kata atau satu ayat Al Quran. Panjang harakat mad wajib muttasil adalah sepanjang enam harakat. Adapun contoh bacaannya dapat kalian pahami seperti gambar di atas yang memperlihatkan terjadinya mad lazim mutsaqqal kilmi.

6. Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran selanjutnya adalah mad lazim mukhaffaf kilmi. Mad lazim mukhaffaf kilmi terjadi saat mad thabi’i atau mad asli bertemu dengan huruf mati atau sukun. Panjang bacaannya adalah sepanjang enam harakat. Adapun contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi seperti pada gambar.

7. Mad Layyin

Macam-macam mad bacaan tajwid Al Quran lainnya adalah mad layyin. Mad layyin dapat terjadi setelah huruf yang berharakat fathah, wawu sukun, atau ya’ sukun. Mad layyin di baca dengan halus dan tidak memakai tekanan. Contoh bacaan mad layyin seperti pada gambar yang menunjukkan terjadinya mad layyin.

viii. Mad Aridh Lissukun

Mad airdh lissukun juga termasuk dalam mad far’i yang terjadi saat bacaan mad terdapat huruf sukun karena waqaf. Biasanya mad aridh lissukun dibaca sepanjang vi harakat. Akan tetapi saat terjadi dipertengahan dapat dibaca sepanjang empat harakat. Ataupun yang pendek bisa dibaca seperti mad thabi’i biasa hanya dua harakat. Adapun contoh dari mad aridh lissukun dapat dilihat dari gambar tersebut.

10. Mad \’Iwad

Macam-macam bacaan tajwid Al Quran selanjutnya adalah mad ‘iwad. Mad jenis ini terjadi saat terdapat fathahain bertemu pada waqaf di akhir suatu kalimat. Panjang bacaan adalah dua harakat. Untuk contoh dari mad ‘iwad dapat dilihat pada gambar di atas.

11. Mad Badal

Mad badal menjadi macam-macam bacaan mad tajwid dalam Al Quran yang terjadi saat hamzah bertemu dengan sebuah mad. Adapun contoh dari mad badal dapat kalian pahami seperti pada gambar di atas. Dari contoh tersebut mad badal terlihat hamzah bertemu dengan sebuah mad yang menyebabkan termasuk dalam jenis atau macam mad badal.

12. Mad Lazim Harfi Musyabba\’

Mad lazim harfi musyabba’ biasanya mad ini terdapat di awal ayat Al Quran dalam sejumlah surat. Biasanya dalam mad lazim harfi musyabba’ di tengahnya terdapat huruf mad yang diidghamkan. Adapun contoh dari mad badal dapat kalian pahami seperti pada gambar di atas.

thirteen. Mad Lazim Harfi Mukhaffaf

Mad lazim harfi mukhaffaf biasanya juga terdapat dipermulaan surat Al Quran. Dimana mad terdiri dari tiga huruf dan tengahnya terdapat mad. Panjang bacaan mad lazim harfi mukhaffaf sepanjang enam harakat dengan contohnya seperti gambar di atas.

Nah itulah 13 macam-macam mad bacaan tajwid al quran lengkap dengan penjelasan dan contohnya. Selain beberapa macam mad di atas masih terdapat jenis mad lainnya yang bisa dikenali seperti mad tamkien, dan mad farq.

Sumber: liputan6.com, hahuwa.blogspot.com, merdeka.com

Dalam Hukum Tajwid Ada 2 Macam Bacaan Mad Yaitu

Source: https://plus.kapanlagi.com/12-macam-macam-mad-bacaan-tajwid-al-quran-lengkap-dengan-penjelasan-dan-contohnya-db6921.html

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …