Dharma Wanita Persatuan
adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Pegawai Negeri Sipil RI dengan kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya,Secara garis besar, tujuan organisasi Dharma Wanita adalah mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dharma wanita persatuan diarahkan untuk :

a. Mengutamakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari pengurus dan anggota

b. Memilih kegiatan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kesempatan organisasi.

c. dalam melaksanakan kegiatan mendahulukan yang penting sesuai dengan skala prioritas.

d. mengutamakan kualitas penanganannya daripada kualitas yang ditangani, serta diupayakan secara tuntas.

e. menjaga citra yang baik sebagai istri pendamping aparat pemerintah di tengah masyarakat yang dinamis.

Dharma wanita persatuan juga berharap agar aktivitas dharma wanita persatuan perlu terus dikembangkan ke arah pemberdayaan organisasi dan mengutamakan pembinaan sumber daya manusia (SDM). Selain itu, seluruh jajaran pengurus harus mampu mengayomi anggotanya serta mampu bekerjasama dengan mitra pengurus korpri dan lainya.

Dharma wanita juga memiliki tugas dan fungsi pokok yang telah dibuat oleh kelompoknya, tugas tersebut berisi : membina anggota dalam memperkukuh persatuandan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial. Dan tugas dari dharma wanita yang kedua adalah melakukan pembinaa mental dan spritual anggota agar menjadi manusia yang bertawakkal kepada tuhan yang maha esa, berkepribadian, serta berbudi pekerti luhur.

Sedangkan fungsinya adalahsebagai wadah untukmelakukan pembinaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaantugas pokok organisasi. di samping tugas dan fungsi pokok yang ada di dalam kelompok organisasi dharma wanita persatuan, organisasi tersebut juga memiliki tujuan yaitu mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota guna mendukung tercapainya tujuan nasional.

Baca :   Organisasi Islam Di Australia Yang Bergerak Di Bidang Pendidikan

Program – program Dharma Wanita Persatuan

Di dalam organisasi dharma wanita persatuan yang ada di indonesia yanga ada di indonesia sangatlah banyak dan diantara satu dengan yang lain memiliki program yang berbeda-beda, beberapa program kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah :

a.  Bidang pendidikan

Di bidang pendidikan , dharma wanita telah bergerak dalam dua kegiatan, yakni pendidikan formal dan non                 formal

1)  Pendidikan formal

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, dharma wanita telah membantu beberapa sekolah, melakukan berbagai upaya dalam rangka peningkatan mutu  pendidikan seperti bekerjasama dengan pihak-pihak yang bersedia membantu, diantaranya adalah pemberian lahan untuk mendirikan sebuah sekolah, pengadaan tenaga tata usaha, penambahan perabotan dan lain-lain

2)  Pendidikan non formal

Di samping pendidikan formal, dharma wanita juga menyelenggarakan pendidikan non formal yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para anggota dharma wanita persatuan. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah ceramah seperti ceramah etika dalam berbusana, mengadakan kunjungan kerja atau yang lainya

b.  Bidang ekonomi

Bidang ekonomi merupakan bidang yang meliputi usaha untuk meningkatkan kemampuan menghimpun dana untuk menggerakkan roda organisasi maupun untuk meningkatkan kesejahteraan para pengurus anggota. Dan hasil dari kerjasama yang telah dilakukan dalam bidang ekonomi sendiri adalah dibuatnya sebuah kantin dan kegiatan lain dalam bidang ekonomi adalah menghimpun tabungan pengurus, simpan pinjam, chatering, penjualan barang-barang perabot rumah tangga, pakaian dan lain-lain. Semua hal tersebut merupakan suatu program dari organisasi dharma wanita persatuan

c.   Bidang sosial budaya

Bidang sosial budaya merupakan suatu bidang yang meliputi usaha pemahaman penghayatan, serta pengalaman norma dan nilai yang mengakar dalam kehidupan di indonesia. Sebagai wujud kepedulian pada lingkungan sekitar, telah dilakukan kegiatan ke daerah yang mengalami musibah dengan menyerahkan bantuan sesuai kemampuan dan memberikan sumbangan untuk merenovasi atau membangun masjid, mengunjungi anggota DWP yang sakit, berkabung atau mengalami musibah, berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan memberikan sumbangan dana dalam kegiatan bakti sosial.

Baca :   Pengkonversi Suara Dari Data Analog Menjadi Digital Adalah