Contoh Laporan Perkembangan Anak Usia Dini

Contoh Laporan Perkembangan Anak Usia Dini

Penilaian kurikulum 2013 PAUD, Raport PAUD. Format buku catatan perkembangan siswa dalam Contoh Laporan Pencapaian Perkembangan Anak (LPPA) Kurikulum 2013 PAUD. Semua catatan perkembangan anak usia dini disajikan dengan format laporan perkembangan anak sebagaimana contoh yang akan disajikan.

# Raport PAUD

Disebut juga dengan Laporan Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (LPPAUD) ini adalah termasuk dokumen penilaian anak usia dini yang juga merupakan Raport PAUD bentuk lain sesuai Kurikulum 2013 PAUD selain menggunakan format Raport PAUD Kurikulum 2013 disini.

Dari semua hasil perkembangan anak dengan menggunakan instrumen penilaian, seperti observasi, percakapan, unjuk kerja, hasil karya, dan melakukan pencatatan terhadap sikap dan perilaku anak yang terjadi secara insidental pada format catatan anekdot. SELANJUTNYA dirangkum dan disajikan dalam format yang telah disiapkan baik harian, mingguan maupun semester.

Baru setelah itu dibuat Laporan Pencapaian Perkembangan Anak (LPPA) secara deskripsi dan juga secara objektif sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua atau wali.

Evaluasi perkembangan anak usia dini dapat dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian PAUD lengkap (observasi, unjuk kerja, unjuk karya, catatan anekdot). Silahkan pelajari dan download format evaluasi penilaian untuk PAUD

Klik Disini

sebelum menggunakan format laporan LPPA berikut ini.


Download Contoh Laporan Perkembangan Anak (LPPA) PAUD TK KB TPA

Bentuk format laporan LPPA dapat dilihat pada gambar diatas. Panduan cara mengisi LPPA kami sajikan terpisah dan

Dapat Dilihat Disini.

Sedangkan untuk contoh Raport PAUD (LPPA) yang sudah diisi silahkan KLIK DISINI

Baca :   Materi Fisika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Untuk download contoh Laporan Perkembangan Anak LPPA PAUD Kurikulum 2013 DOC dapat di unduh melalui link tautan berikut ini. Semoga bermanfaat!

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Apa itu laporan perkembangan anak?

Laporan Anak memberikan informasi tentang pengetahuan, keterampilan, dan perilaku anak di berbagai domain perkembangan yang selaras dengan fondasi pembelajaran dan pengembangan awal. Pendidik dapat menggunakan hasil untuk memandu instruksi individu dan memodifikasi kurikulum; mereka juga dapat membaginya dengan keluarga dan penyedia lainnya untuk lebih memahami dan merencanakan dukungan untuk pembelajaran dan perkembangan setiap anak.

Laporan perkembangan (raport PAUD) bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi anak-anak dan pendidik. Bagi pendidik, inilah saatnya untuk bekerja keras dan benar-benar memikirkan semua keterampilan yang dipelajari setiap anak. Jadi, apa teknik bagi pendidik untuk memastikan anak-anak mempertahankan keterampilan dan pengetahuan yang dipelajari di kelas ayah bunda dan membina lingkungan yang aman dan ramah bagi anak-anak untuk menunjukkan keterampilan dan pengetahuan mereka? Melalui pembelajaran dan penilaian alami!

Saat membuat buku laporan raport TK/KB, penting untuk memberi ayah bunda waktu yang cukup untuk menyelesaikannya. Ayah bunda ingin memastikan bahwa tidak terjaga larut malam sebelum mereka bertanya-tanya apakah anak A dapat mengikat sepatunya atau tidak! Saat ayah bunda mengamati suatu keterampilan pada seorang anak, buatlah catatan tentang hal itu sebaik mungkin di atas kertas atau menggunakan perangkat lunak Excel dan sebagainya.

Di sisi lain, ayah bunda tidak ingin mendudukkan setiap anak dan meminta mereka memeriksa daftar keterampilan untuk melihat apakah mereka dapat melakukan masing-masing – skenario pengujian satu lawan satu yang intens ini tidak alami dan tidak menghasilkan hasil yang baik. Belum lagi bisa sangat menakutkan bagi anak kecil untuk diuji satu lawan satu!

Baca :   Efek Rumah Kaca Efek Rumah Kaca

Contoh Laporan Perkembangan Anak Usia Dini

Source: https://www.paud.id/contoh-lppa-laporan-perkembangan-anak/

Artikel Terkait

Leave a Comment