Berikut Yang Tidak Termasuk Jenis Teks Diskusi Adalah

Berikut Yang Tidak Termasuk Jenis Teks Diskusi Adalah

VIVA – Bingung dengan contoh teks diskusi itu seperti apa? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini. Selain akan membahas contohnya, juga akan menjelaskan tentang penjelasan apa itu teks diskusi dan seperti apa strukturnya.

Apa itu Teks Diskusi?

Ilustrasi menulis

Diskusi adalah proses menemukan titik temu antara dua pemikiran, pandangan, atau pendapat yang berbeda. Dan teks diskusi dapat didefinisikan, teks diskusi adalah teks yang menyajikan wacana yang bermasalah. Masalah ini akan dibahas dari sudut pandang yang berbeda. Diskusi banyak dijumpai dalam teks filosofis, historis, dan sosial. Dengan kata lain, Diskusi adalah sejenis genre yang digunakan untuk menyajikan (setidaknya) dua sudut pandang tentang suatu masalah.

Struktur Teks Diskusi

Ilustrasi menulis.

Ilustrasi menulis.

Dalam menyusun teks diskusi, kamu harus tahu tentang struktur dari jenis teks ini. Berikut beberapa trukturnya dikutip dari penerbitbukudeepublish.com.

  1. Isu

Struktur atau bagian pertama dari teks yaitu isu. Isu ini merupakan suatu permasalahan atau gambaran mengenai suatu masalah yang akan dibahas dalam kegiatan diskusi formal tersebut. Sehingga dalam teks diskusi selalu diawali dengan proses menjelaskan suatu masalah yang akan dibahas dalam diskusi. Teks diskusi bisa dari masalah sosial, politik, ekonomi, ataupun budaya.
Umumnya isu atau masalah yang didiskusikan adalah isu terkini, yang sedang hangat diperbincangkan, sekaligus yang menyita banyak perhatian publik. Meski demikian, mengusung isu-isu yang tidak selalu berdampak luas juga sering dilakukan.

Contoh isu di dalam struktur teks diskusi ini adalah sebagai berikut:
“dalam pertemuan kali ini, akan membahas mengenai permasalahan sampah yang semakin menumpuk dan semakin susah untuk ditemukan solusinya..”.

  1. Argumen

Struktur atau bagian kedua yaitu argument. Argument ini akan menjelaskan mengenai semua argumen yang dipaparkan dalam diskusi tersebut. Penulis teks diskusi kemudian wajib menjelaskan mengenai siapa yang menyampaikan argumen dan bentuk argumennya.
Diskusi adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempertemukan banyak argumen dari suatu isu atau masalah. Sehingga dalam diskusi lebih sering terjadi perbedaan argumen dibandingkan yang satu frekuensi. Dalam teks diskusi terdapat dua argument, yaitu argument mendukung, dan argument menentang.

Berikut contoh penulisan bagian argumen di dalam teks diskusi:
“mengenai isu penumpukan sampah di daerah A, kemudian dijelaskan oleh bapak C bahwa penumpukan sampah ini disebabkan oleh minimnya pemahaman masyarakat tentang tata cara pengelolaan sampah. Sementara oleh Ibu B dijelaskan sumber persoalan ini adalah dari sosialisasi tentang sampah yang setengah-setengah.”.

  1. Kesimpulan atau Saran
Baca :   Nama Bayi Laki Laki Berawalan S

Bagian akhir dari teks diskusi adalah kesimpulan atau saran, dimana penulis perlu menarik kesimpulan dan memberi saran atas isu yang didiskusikan. Sehingga perlu memahami argumen semua pihak dan kemudian menarik kesimpulan terbaik.

Contohnya:
“pada akhirnya, masalah sampah adalah masalah bersama yang tentu perlu diselesaikan bersama. Dimulai dari sosialisasi tentang pengolahan sampah kemudian membangun area khusus untuk menampung hasil pengolahan sampah masyarakat luas..”.

Ciri-Ciri Teks Diskusi

Ilustrasi menulis

Ilustrasi menulis

Photo :

  • Pixabay/ Free-Photos

Teks diskusi ini memiliki sejumlah ciri yang membuatnya khas dan berbeda dengan jenis teks lainnya. Ciri-ciri yang dimiliki teks ini diantaranya:

  • Menggunakan konjungsi perbandingan yang bertujuan untuk mempertegas perbedaan argumen dari dua atau lebih narasumber dalam suatu diskusi.
  • Teks ini terdiri dari isu, argumen pendukung, argumen penentang, dan kesimpulan atau saran.
  • Dalam membentuk kesimpulan di akhir teks, digunakan teknik modalitas. Modalitas adalah klasifikasi pernyataan pro dan kontra atas keharusan atau kemungkinan.
  • Menggunakan tiga jenis verba atau kata kerja secara proporsional. Yakni verba  relasional, verba mental, dan verba material.

Contoh Teks Diskusi

Ilustrasi menulis.

Ilustrasi menulis.

1. Contoh teks diskusi sampah

Isu

Sampah menjadi satu hal yang dianggap sangat meresahkan sebab memberikan dampak yang buruk pada lingkungan terutama sampah plastik. Sampah yang menumpuk akan dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan dapat menyebabkan banjir. Sampah plastik akan berdampak Panjang karena sulitnya terurai. Cara menanggulangi sampah plastik ini dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah. Sebenarnya pemecahan masalah mengenai sampah ini sudah menjadi perdebatan sejak dulu.
Argumen mendukung

Sebagian orang beranggapan sampah menjadi sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara dibakar. Namun, bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut dianggap bukan sebagai solusi melainkan menjadi sebuah bencana baru. Sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yang tidak sedap bahkan asap pembakaran yang dihasilkan dari pembakaran itu dapat menipiskan lapisan ozon.
Argumen menentang

Orang yang mencintai lingkungan lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang sampah. Contohnya seperti sampah organik, misalnya daun kering, batang pohon, dan sebagainya bisa dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang memang tidak bisa mengalami pembusukan, bisa dilakukan daur ulang.
Kesimpulan

Pada dasarnya sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada di masyarakat.

Baca :   Faktor Internal Munculnya Semangat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Yaitu

ii. Contoh teks diskusi kerja bakti

Isu

Kerja bakti adalah suatu kegiatan yang lumrah dilakukan di suatu wilayah. Biasanya, kerja bakti ini untuk membersihkan jalan, memasang bendera, dan lain-lain yang dilaksanakan pada hari libur. Dengan adanya kerja bakti ini, suatu pekerjaan terasa ringan karena dikerjakan Bersama-sama. Dan dengan kerja bakti, kerukunan antar warga makin terjaga.
Argumen mendukung

Meski demikian, tak semua orang bisa melaksanakan kerja bakti lantaran beberapa orang bekerja di hari minggu. Namun, bagi mereka tak bisa ikut kerja bakti, beberapa aturan menerapkan denda untuk khas suatu wilayah. Dengan begitu tidak ada yang merasa dirugikan atau dimanfaatkan.
Argumen menentang

Masyarakat yang tidak bisa ikut kerja bakti diharuskan membayar denda sebagai aturan yang berlaku. Karena kerja bakti ini untuk kepentingan bersama dan menjaga silaturahmi antar warga. Namun ada Sebagian yang menentang jika harus membayar denda.
Kesimpulan

Kerja bakti adalah kegiatan masyarakat suka rela untuk kepentingan Bersama. Dengan adanya kerja bakti, pekerjaan menjadi mudah diselesaikan dan juga sesama warga makin akrab.

iii. Contoh teks diskusi Covid-19

Isu

Covid-nineteen merupakan satu di antara jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus Corona. Jika terinfeksi virus ini maka akan merasakan sakit di tenggorokan, sesak napas, sakit kepala, dan hingga menyebabkan kematian. Virus ini mudah menular dari satu orang ke orang lain. Apalagi saat ini ada virus varian baru yaitu virus omicron.
Argumen mendukung

Bahaya jika terpapar virus ini diantaranya:

  • Membuat tenggorokan terasa kering.
  • Gangguan pernapasan sehingga sesak untuk bernapas.
  • Gangguan fungsi pada paru-paru.
  • Dan gejala lainnya.

Argumen menentang

Tetapi, Covid-19 ini tidak akan bisa menyerang apabila kita mau menjaga pola hidup, seperti menjaga kebersihan badan, tempat, pakaian, lingkungan serta makan makanan sehat. Dan juga mematuhi protocol Kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.
Kesimpulan

Jika sudah diketahui beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh virus Corona, sebaiknya kita menghindari penularannya dan bersama untuk mencegahnya dengan melaksanakan pola hidup bersih serta mematuhi aturan pemerintah demi kebaikan bersama. Tidak berkerumunan adalah salah satu contoh untuk tidak menyebarkan virus kepada orang lain.

Baca :   Uraikan Perbedaan Unsur Logam Dan Non Logam

iv. Contoh teks diskusi narkoba

Isu

Narkoba adalah zat dan obat berbahaya yang bersifat adiktif serta memberikan banyak dampak buruk terhadap kesehatan penggunanya. Dampak buruk tersebut pun bisa semakin parah jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang.
Argumen mendukung

Narkoba memberikan banyak dampak buruk terhadap kesehatan, diantaranya:

  • Kerusakan saraf dan otak.
  • Kerusakan paru-paru.
  • Mengalami mual dan muntah.
  • Menurunkan nafsu makan dan berat badan.
  • Disfungsi organ reproduksi.
  • Dan masih banyak lagi.

Argumen menentang

Obat-obatan tidak akan berdampak buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat psikotropika ini sebenarnya pun digunakan dalam pengobatan.
Kesimpulan

Jika kamu sudah menyadari bahwa narkoba itu sangat berbahaya, lebih baik menjauh dari obat-obatan terlarang itu, dan tetap hati-hati terhadap pergaulan bebas.

5. Contoh teks diskusi olahraga

Isu

Dengan berlari atau jogging secara rutin dan konsisten badan agar terasa sehat. Dengan berolahraga jogging akan menimbulkan efek Kesehatan yang menjanjikan dan namun ada pula resikonya.
Argumen mendukung

Lari atau
jogging

merupakan wujud olahraga yang sangat sederhana untuk dilakukan secara konsisten dan rutin. Jogging pun tidak memerlukan banyak perlengkapan/peralatan. Selama kamu punya sepasang sepatu dan waktu kosong, kamu bisa berlari/jogging.
Jogging bisa dilakukan di mana saja, walaupun memang ada tempat khusus untuk itu (taman jogging). Dengan begitu, akan semakin mudah bagi kamu untuk melakukan olahraga ini.
Argumen menentang

Banyak orang menekuni lari/jogging
untuk melangsingkan badan. Padahal, ini bukanlah wujud olahraga yang efektif dalam mencapai tujuan itu. Memang terasa sebagai sarana refreshing yang menyegarkan, tapi bila tujuanmu melangsingkan badan, lari/jogging bukanlah pilihan yang tepat.Jogging
secara konsisten dan rutin memang akan menurunkan berat badan di permulaan. Namun, hal ini juga dibarengi penyusutan massa otot, yang justru memicu penimbunan lemak dan kenaikan berat badan.
Kesimpulan

Lari adalah salah satu olahraga yang mudah dilakukan saat ini. Namun, olahraga tersebut jika dilakukan terlalu sering maka akan mengganggu Kesehatan tubuh. Untuk itu olahraga lari atau jogging dilakukan seminggu 2-3 kali saja. Jangan melakukan jogging atau lari setiap hari, karena akan memengaruhi kesehatan.

Itulah beberapa contoh teks diskusi, lengkap dengan pengertian dan strukturnya. Semoga membantu.

Berikut Yang Tidak Termasuk Jenis Teks Diskusi Adalah

Source: https://www.viva.co.id/edukasi/1448154-contoh-teks-diskusi

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …