Berikut Ini Urutan Rantai Makanan Yang Benar Adalah

Berikut Ini Urutan Rantai Makanan Yang Benar Adalah

Liputan6.com, Jakarta
Melalui gambar rantai makanan, akan dimengerti bahwa ada perpindahan energi makanan dari yang terbawah sampai teratas. Rantai makanan adalah bentuk interaksi makan dan dimakan dengan urutan tertentu.

Ada beberapa gambar rantai makanan yang meski lingkungan tinggalnya berbeda, urutan dan cara kerjanya tetap sama. Mulai dari lingkungan sawah, laut, hutan, kutub, sungai, sampai padang rumput biasa.

Jenis rantai makanan ada tiga dari gambar rantai makanan yang akan dijelaskan. Ada rantai makanan tipe pemangsa, saat hewan pemakan tumbuhan dimangsa pemakan daging.

Rantai makanan tipe saprofit untuk mengurai organisme mati, kemunculannya dipengaruhi oleh keberadaan dekomposer atau pengurai. Terakhir rantai makanan tipe parasit, terjadi karena ada organisme yang dirugikan.

Berikut Liputan6.com ulas gambar rantai makanan dan penjelasannya dari berbagai sumber, Kamis (21/1/2022).

Gambar Rantai Makanan Sawah dan Penjelasannya

Ilustrasi persawahan. (dok. Quangpraha/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Padi → Tikus → Ular → Elang → Pengurai/Dekomposer

Berdasarkan gambar rantai makanan tersebut, peran padi adalah sebagai produsen penghasil makanan untuk organisme lainnya. Lalu tikus dalam siklus ini bertindak sebagai konsumen primer.

Hal ini dikarenakan tikus sebagai hewan pemakan tumbuhan. Di mana pada siklus di atas tikus akan memakan padi untuk kelangsungan hidupnya. Kemudian ular disebut dengan konsumen sekunder, hal ini dikarenakan pada siklus ini, ular tidak menempati puncak rantai makanan.

Ular memakan tikus sebagai sumber energi dan untuk kelangsungan hidupnya. Dilanjutkan dengan elang sebagai konsumen puncak. Selain memangsa hewan lain dan termasuk pada kategori hewan karnivora, tidak ada makhluk lain yang memangsa ular.

Pengurai/Dekomposer pada gambar rantai makanan tersebut berperan sebagai pengurai i untuk menyerap nutrisi yang ada pada elang yang telah mati. Nutrisi yang diserap oleh pengurai ini, nantinya akan diserap kembali ke tanah, dan diserap kembali oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis.

Contoh gambar rantai makanan sawah yang lain adalah sebagai berikut:

Baca :   Tabel Periodik Unsur Logam Dan Non Logam

1. Padi → Keong → Katak → Ular Sawah → Pengurai

2. Padi → Belalang → Katak → Ular Sawah → Elang → Pengurai

3. Padi → Siput → Katak → Ular Sawah → Burung Gagak → Pengurai

4. Padi → Burung Pemakan Biji → Ular Sawah → Elang → Pengurai

5. Padi → Belalang → Burung Pipit → Elang → Pengurai

Gambar Rantai Makanan Laut dan Penjelasannya

Ilustrasi Laut. (Pexels.com/miles-hardacre)

Ilustrasi Laut. (Pexels.com/miles-hardacre)

Alga → Ikan kecil → Ikan besar → Hiu → Pengurai/ Dekomposer

Dilihat dari gambar rantai makanan tersebut, alga adalah tumbuhan yang tumbuh di dasar laut, sehingga alga ini disebut dengan produsen.

Kemudian ikan kecil dianggap sebagai konsumen primer yang memperoleh sumber energi dari tumbuhan laut. Lalu ikan besar dapat disebut konsumen primer juga.

Di dalam laut terdapat konsumen sekunder yang memakan ikan-ikan kecil. Ikan kecil ini akan dimangsa oleh ikan besar untuk memenuhi kebutuhan energi.

Ikan hiu dalam gambar rantai makanan tersebut adalah konsumen puncak. Hiu disebut predator laut yang memangsa ikan-ikan berukuran besar untuk kelangsungan hidupnya.

Untuk yang terakhir ada pengurai/dekomposer di dalam laut yang dapat membantu mengurai kembali nutrisi-nutrisi, yang terdapat pada hiu mati agar dapat diserap kembali oleh tanah untuk tanaman yang tumbuh di laut.

Contoh gambar rantai makanan laut yang lain adalah sebagai berikut:

1. Fitoplankton → Udang → Ikan Besar → Hiu → Pengurai

2. Fitoplangton → Ikan Salmon → Anjing Laut → Pengurai

3. Alga → Kepiting → Pelikan → Manusia

4. Fitoplangton → Ikan Kecil → Ikan Besar → Flaminggo → Pengurai

Gambar Rantai Makanan Hutan dan Penjelasannya

Ilustrasi Hutan. (Kredit: jplenio via Pixabay)

Ilustrasi Hutan. (Kredit: jplenio via Pixabay)

Rumput → Kupu-Kupu → Belibis → Elang → Pengurai

Berdasarkan gambar rantai makanan tersebut, peran rumput adalah sebagai produsen penghasil makanan untuk organisme lainnya. Lalu kupu-kupu dalam siklus ini bertindak sebagai konsumen primer.

Hal ini dikarenakan kupu-kupu sebagai hewan pengisap madu dari bunga rumput. Kemudian belibis disebut dengan konsumen sekunder, hal ini dikarenakan pada siklus ini, belibis tidak menempati puncak rantai makanan.

Belibis memakan kupu-kupu sebagai sumber energi dan untuk kelangsungan hidupnya. Dilanjutkan dengan elang sebagai konsumen puncak. Selain memangsa hewan lain dan termasuk pada kategori hewan karnivora, tidak ada makhluk lain yang memangsa belibis.

Baca :   Apakah Syarat Pelompat Jauh Yang Baik

Pengurai/Dekomposer pada gambar rantai makanan tersebut berperan sebagai pengurai untuk menyerap nutrisi yang ada pada elang yang telah mati. Nutrisi yang diserap oleh pengurai ini, nantinya akan diserap kembali ke tanah, dan diserap kembali oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis.

Contoh gambar rantai makanan hutan yang lain adalah sebagai berikut:

1. Beri dan Bunga → Rusa → Beruang → Pengurai

2. Beri dan Bunga → Belibis → Elang → Pengurai

3. Rumput → Marmut → Elang → Pengurai

4. Rumput → Marmut → Beruang → Pengurai

Gambar Rantai Makanan Sungai dan Penjelasannya

Ilustrasi sungai. (Sumber: Unsplash)

Ilustrasi sungai. (Sumber: Unsplash)

Lumut → Udang → Ikan → Buaya → Pengurai

Dilihat dari gambar rantai makanan tersebut, lumut adalah tumbuhan yang tumbuh di sungai, sehingga lumut ini disebut dengan produsen.

Kemudian udang dianggap sebagai konsumen primer yang memperoleh sumber energi dari tumbuhan sungai. Lalu ikan dapat disebut konsumen primer juga.

Di dalam sungai terdapat konsumen sekunder yang memakan ikan. Ikan ini akan dimangsa oleh buaya untuk memenuhi kebutuhan energi.

Buaya dalam gambar rantai makanan tersebut adalah konsumen puncak. Buaya disebut predator sungai yang memangsa ikan untuk kelangsungan hidupnya.

Untuk yang terakhir ada pengurai/dekomposer di dalam sungai yang dapat membantu mengurai kembali nutrisi-nutrisi, yang terdapat pada buaya mati agar dapat diserap kembali oleh tanah untuk tanaman yang tumbuh di sungai.

Contoh gambar rantai makanan sungai yang lain adalah sebagai berikut:

1. Tumbuhan Alga → Ikan → Burung Bangau → Buaya → Pengurai

2. Tumbuhan Alga → Ikan → Burung → Kudanil → Pengurai

3. Lumut → Ikan Kecil → Kepiting → Buaya → Pengurai

4. Alga → Siput → Ular Sungai → Bangau → Pengurai

Gambar Rantai Makanan Kutub dan Penjelasannya

Ilustrasi beruang kutub. (AFP/Mario Hoppman)

Ilustrasi beruang kutub. (AFP/Mario Hoppman)

Tanaman di Padang Es → Kelinci Kutub → Rubah → Serigala → Pengurai

Berdasarkan gambar rantai makanan tersebut, peran tanaman di padang es adalah sebagai produsen penghasil makanan untuk organisme lainnya. Lalu kelinci kutub dalam siklus ini bertindak sebagai konsumen primer.

Baca :   Sebelum Disebut Ondel Ondel Boneka Raksasa Betawi Tersebut Bernama

Hal ini dikarenakan kelinci kutub sebagai hewan pemakan tanaman di padang es. Kemudian rubah disebut dengan konsumen sekunder, hal ini dikarenakan pada siklus ini, rubah tidak menempati puncak rantai makanan.

Rubah memakan kelinci sebagai sumber energi dan untuk kelangsungan hidupnya. Dilanjutkan dengan serigala sebagai konsumen puncak. Selain memangsa hewan lain dan termasuk pada kategori hewan karnivora, tidak ada makhluk lain yang memangsa rubah.

Pengurai/Dekomposer pada gambar rantai makanan tersebut berperan sebagai pengurai untuk menyerap nutrisi yang ada pada serigala yang telah mati. Nutrisi yang diserap oleh pengurai ini, nantinya akan diserap kembali ke tanah, dan diserap kembali oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis.

Contoh gambar rantai makanan kutub yang lain adalah sebagai berikut:

1. Rumput → Kelinci → Burung Hantu Salju → Serigala → Pengurai

2. Tanaman di Padang Es → Kelinci Kutub → Cerpelai/Ermine → Pengurai

3. Tanaman di Padang Es → Kelinci Kutub → Rubah → Manusia

Gambar Rantai Makanan Padang Rumput dan Penjelasannya

Ilustrasi padang rumput (Pixabay.com)

Ilustrasi padang rumput (Pixabay.com)

Rumput → Kutu → Burung Jalak → Elang → Pengurai

Berdasarkan gambar rantai makanan tersebut, peran rumput adalah sebagai produsen penghasil makanan untuk organisme lainnya. Lalu kutu dalam siklus ini bertindak sebagai konsumen primer.

Hal ini dikarenakan kutu sebagai hewan pemakan rumput di padang rumput. Kemudian burung jalak disebut dengan konsumen sekunder, hal ini dikarenakan pada siklus ini, burung jalak tidak menempati puncak rantai makanan.

Burung jalak memakan kutu sebagai sumber energi dan untuk kelangsungan hidupnya. Dilanjutkan dengan elang sebagai konsumen puncak. Selain memangsa hewan lain dan termasuk pada kategori hewan karnivora, tidak ada makhluk lain yang memangsa elang.

Pengurai/Dekomposer pada gambar rantai makanan tersebut berperan sebagai pengurai untuk menyerap nutrisi yang ada pada elang yang telah mati. Nutrisi yang diserap oleh pengurai ini, nantinya akan diserap kembali ke tanah, dan diserap kembali oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis.

Contoh gambar rantai makanan padang rumput yang lain adalah sebagai berikut:

1. Rumput → Rusa → Harimau → Pengurai

2. Rumput → Belalang → Ular → Singa → Pengurai

3. Rumput → Kambing → Harimau → Pengurai

4. Rumput → Zebra → Singa → Pengurai

Berikut Ini Urutan Rantai Makanan Yang Benar Adalah

Source: https://id.berita.yahoo.com/6-gambar-rantai-makanan-dan-060027101.html

Artikel Terkait

Leave a Comment