Bagaimana Cara Menentukan Tokoh Utama Pada Cerita Fiksi

Bagaimana Cara Menentukan Tokoh Utama Pada Cerita Fiksi

Lihat Foto

Teater Rumah Kenang yang digarap oleh Titimangsa Foundation.

KOMPAS.com
– Setiap cerita pasti memiliki unsur tokoh di dalamnya. Tokoh tidak hanya sebatas peran yang dimainkan manusia.

Dalam cerita, tokoh dapat berupa hewan, benda, atau karaketer apapun yang mewakili jalannya sebuah cerita.

Tokoh dapat berupa kata ganti penunjuk orang, seperti aku, kamu, dia, mereka, dan sebagainya. Penggunaan kata ganti semacam ini memperjelas sudut pandang penceritaan.

Menurut Andi Wicaksono dalam Pengkajian Prosa Fiksi (2017), tokoh adalah pelaku cerita, sedangkan penokohan adalah sifat yang dilekatkan pada diri tokoh, penggambaran, atau pelukisan mengenai tokoh cerita.

Sementara, Burhan Nurgiyatoro dalam Teori Pengkajian Fiksi (1998) berpendapat, tokoh cerita menempati posisi strategis sebagai pembawa dan penyampai pesan, amanat, moral, atau sesuatu yang sengaja ingin disampaikan pada pembaca.

Jika dilihat dari fungsi penampilan, tokoh dibedakan ke dalam protagonis, antagonis, dan tirtagonis.

Baca juga: Watak Tokoh pada Drama Kisah Pemulung dan Penjual Bakso, Jawaban Soal TVRI SD 4-vi, 4 Juni 2020

Protagonis merupakan tokoh yang menampilkan sesuatu sesuai pandangan dan harapan pembaca. Menggambarkan watak yang baik dan positif. Tokoh protagonis dapat menyita empati dan perhatian pembaca.

Lawan dari protagonis. Antagonis menjadi salah satu tokoh yang menimbulkan konflik dalam cerita. Ia merupakan penggambaran watak yang buruk dan negatif. Biasanya dibeci pembaca. Namun dalam beberapa cerita, pengarang juga memberikan porsi cukup banyak pada tokoh antagonis sehingga menyita perhatian pembaca.

Tritagonis disebut juga karakter ketiga atau penengah. Menggambarkan watak yang bijak. Berfungsi sebagai pendamai atau jembatan atas penyelesaian konflik. Biasanya muncul sebagai tokoh yang menyelesaikan permasalahan dalam sebuah cerita.

Baca :   Gerakan Spesifik Lari Jarak Pendek Meliputi

Figuran merupakan tokoh atau peran yang kurang berarti dalam penceritaan. Figuran disebut juga peran pembantu. Berbeda dari penggolongan tiga tokoh sebelumnya, figuran digolongkan ke dalam jenis tokoh berdasarkan tingkat pentingnya peran.

Baca juga: Seni Teater: Pengertian, Sejarah, Unsur dan Jenisnya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian bring together. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Lembar Informasi Kebahasaan dan Kesastraan Edisi i, Januari–Juni 2019

Oleh Desi Ari Pressanti, M.Hum.

Tokoh dalam sebuah cerita fiksi menempati peran penting dalam membuat cerita menjadi menarik. Keberadaannya menjadikan cerita tersebut hidup. Secara umum, pengertian tokoh adalah individu ciptaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa dalam cerita. Tokoh dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

1. Berdasarkan fungsi

  • Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam suatu cerita. Tokoh ini merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian. Bahkan, pada novel-novel tertentu, tokoh utama senantiasa hadir dalam setiap kejadian dan dapat ditemui dalam tiap halaman buku cerita yang bersangkutan.
  • Tokoh pembantu adalah tokoh yang memiliki peran sebagai pelengkap dalam cerita dan kehadiran tokoh ini hanya menunjang tokoh utama.

2. Berdasarkan peranan

  • Tokoh protagonis adalah tokoh yang dikagumi pembaca atau tokoh yang perilakunya sesuai dengan kehendak pembaca. Akan tetapi, dalam istilah sastra, tokoh protagonis sama dengan tokoh utama karena memiliki peran utama dalam cerita.
  • Tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang dialami oleh tokoh protagonis.

three. Berdasarkan perwatakan

  • Tokoh sederhana adalah tokoh yang memiliki satu kualitas pribadi tertentu, satu sifat watak yang tertentu saja. Sifat dan tingkah laku seseorang tokoh sederhana bersifat datar dan monoton.
  • Tokoh kompleks adalah tokoh yang memiliki dan mengungkap berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian dan jati dirinya. Ia dapat memiliki watak tertentu yang dapat diformulasikan, tetapi ia dapat pula menampilkan watak dan tingkah laku yang bermacam-macam, bahkan mungkin seperti bertentangan dan sulit diduga.
Baca :   Cara Membedakan Surat Masuk Dan Surat Keluar

4. Berdasarkan kemungkinan pencerminan tokoh cerita terhadap (sekelompok) manusia dari kehidupan nyata

  • Tokoh tipikal adalah tokoh yang hanya sedikit ditampilkan keadaan individualitasnya dan lebih banyak ditonjolkan kualitas pekerjaan atau kebangsaannya atau hal lain yang lebih bersifat mewakili.
  • Tokoh netral adalah tokoh yang dimunculkan demi cerita itu sendiri. Ia merupakan tokoh imajiner yang hanya ada dalam dunia fiksi. Dia hadir (atau dihadirkan) semata-mata demi cerita, atau bahkan dialah sebenarnya pelaku cerita dan yang diceritakan.

five. Berdasarkan kriteria berkembang atau tidaknya suatu tokoh

  • Tokoh statis adalah tokoh cerita yang tidak mengalami perubahan atau perkembangan perwatakan sebagai akibat adanya peristiwa-peristiwa yang terjadi. b. Tokoh berkembang adalah tokoh yang mengalami perubahan dan perkembangan perwatakan sejalan dengan dengan perkembangan atau perubahan peristiwa dan plot yang dikisahkan.
  • Tokoh berkembang adalah tokoh yang mengalami perubahan dan perkembangan perwatakan sejalan dengan dengan perkembangan atau perubahan peristiwa dan plot yang dikisahkan.

Lembar Informasi Kebahasaan dan Kesastraan Edisi 1, Januari–Juni 2019


penulisan naskah telegram yang tepat adalah​


1.pada saat simulasi tanggap tsunami kemarin,warga yang mendengar suara sirene langsung bercari menuju tempat yang tinggi kata yang tepat untuk meleng …

kapi kalimat diatas adalah…2.setelah lulus sekolah dasar, kamu melanjutkan dimana? kalimat diatas menanyakan…3.pekerjaan:pelajartempat/tggl lahir:alamat rumah :jl pemuda utara Four 12 klater keterangan yang tepat untuk mengisi kolom tersebut adalah…four.kolom yang diisi pertama kali saat mendaftar anggota perpustakaan adalah… Tolong Jawab Dengan Benar Terimakasih​


apasaja yang memengaruhi hak kita ketika di sekolah​


1.kakak tiggi dan besar.nomer ii adik kecil kurus kata hubung yang tepat agar kedua kalimat di atas menjadi kalimat majemuk yang benar adalah​

Baca :   Apa Saja Komponen Utama Pada Proses Penyaluran Energi Listrik


https://wikizone.my.id/wiki-https-brainly.co.id/tugas/36541792​


19. Buatlah kalimat efektif dari kalimat berikut! Pembangunan jalan itu kami dibantu oleh warga desa. ​


contoh kata berimbuhan me- yang termasuk kata kerja adalah.​


Bagaimana cara menemukan informasi teks cara tepattolong dijawab yg benar y kakakw​


tanggapan atau pengambilan kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks merupakan struktur teks eksplanasi yaitu bagian​


#PELAJARAN SMPSOAL DI ATAS PAKAI CERITA DONGENG?​


Tolong di MODIFIKASIKAN CERPEN INI​


Tuliskan paragraf deskripsi berdasarkan gambar berikut!​


tolong “MODIFIKASIKAN CERPEN INI”​


ubah kalimat ini menjadi kalimat aktif atau pasif dongggg​


buku sejarah berisi informasi tentang?pliss tolong jawab​


Gerakan Pramuka lahir dari kancah perjuangan revolusi Bangsa Indonesia dalam satu bentuk organisasi kepanduan tunggal. Kalimat tersebut termasuk kalim …

at a. pengenalan isu b. kalimat argumen c. kalimat simpulan d. kalimat penguatan


Apa itu Teks Deskripsi, Teks Fantasi, Teks Prosedur, dan Teks Observasi?​


jenis kaulinan oray-orayantolong jawabnya pake bahasa sunda lagi yaa..​


istilah kaulinan oray-orayan dalam bahasa Sunda tolong jawabnya pake bahasa sunda lagi yaa..​


carilah kata berikut di difato tersebutdi kata kerja contoh : disiniistilah khususcontoh : reboisasi, sampah organiksinonim AntoninKata Benda abstrak …

contoh : kebahagiaan/kemungkinankata enofatifcontoh : rusak, hancur​

Bagaimana Cara Menentukan Tokoh Utama Pada Cerita Fiksi

Source: https://apadimaksud.com/tentukan-tokoh-yang-antagonis-dan-protagonis-dalam-cerita-fiksi-tersebut

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …