Apt Get Install Bind9 Adalah Perintah Untuk

Apt Get Install Bind9 Adalah Perintah Untuk


Welcome to DOCKER_LINUX  Guys, Pada Kesempatan Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang dunia Linux, Khususnya Cara Install dan Konfigurasi DNS di Debian.


Hai guys, Pada sehat kan? Kuyy simak dan cermati tutorial kali ini. Admin akan membahas tentang cara konfigurasi DNS di Debian server.


Untuk Pertama kalinya apa sih itu DNS? Gunanya? dan tentunya cara konfigurasinya yaa!


DNS (Domain Name Server)
ini adalah suatu sistem yang bisa dijalankan di server(footing linux ataupun windows)untuk menyimpan data dan informasi dari domain maupun hostname. Domain itu sendiri adalah sebuah programme yang bisa mengubah alamat ip menjadi sebuah nama, Contoh kita mempunyai IP address (Jika belum paham Ip address baca di sini) 192.168.one.212, Apakah angka angka itu mudah untuk di ingat? Kalau satu mungkin tapi kalau kamu memiliki server banyak apakah hal yang sama akan terjadi? Tentunya akan susah untuk megingat barisan barisan angka tersebut, Oleh karena itu diciptakanlah domain yang bisa mengubah angka angka tersebut menjadi nama misal www.google.com, world wide web.facebook.com dan lain lain, fungsinya mirip dengan kamu memberi nama kontak (nomor telefon) di handphonemu yaitu mengubah angka angka menjadi sebuah nama. Tanpa adanya DNS domainpun tidak bisa berjalan lo guys. Jadi DNS ini adalah peran utama terciptanya domain.

Ok kalau kamu udah pada paham kita mulai tutorialnya, Kuyy simak dengan seksama

Untuk tahap persiapan kamu harus sudah punya basicnya dulu yaitu


Install linux


bisa baca di sini


Update Linux


bisa baca di si
ni

dan tentunya punya browser (mozila firefox atau google chrome) untuk pengecekan DNS itu sudah bisa atau belum.

Baca :   Tari Jaran Goyang Merupakan Tari Kreasi Yang Berasal Dari

Jika persiapan sudah dipenuhi langkah langkah yang harus kamu ikuti yaitu

Pertama kamu harus login sebagai root ya guys (gambar dibawah ini aku menggunakan ssh milik putty dan login menggunakan user dan kemudian super user kalau belum paham baca artikelnya di sini)



Setelah login menggunakan super user kamu lakukan penginstallan aplikasi DNS di debian yaitu bind9 dengn mengetikkan perintah “apt-get install apache2 bind9” Kemudian tekan “enter” jika ada pertanyaan “aye or no” pilih “aye” saja. (jika kamu melakukan langkah ini mengalami trouble seperti kamu belum mengupdate linux kamu, Kamu bisa mengatasinya dengan mengupdatenya dulu kalau belum paham cara update baca caranya di sini)






Setelah kamu menekan enter maka akan dimulai proses penginstallan nya, Jika sudah berhasil maka tampilan akan seperti dibawah ini.



Kemudian jika sudah selesai proses install bind9 dan apache2 nya ketikkan perintah “cd /etc/bind/” seperti gambar dibawah ini untuk berpindah direktori ke folder “bind/”






Setelah itu kamu re-create file dengan nama “db.local” dan “db.127” dengan “db.a” dan “db.1” dengan perintah “cp db.local db.a” dan “cp db.127 db.1” seperti gambar dibawah ini (db.a dan db.1 itu bisa diganti sesuai dengan selera kalian tapi dengan catatan yang angka diganti angka dan yang huruf diganti huruf, Contoh db.a diganti dengan db.konfigurasi dan db.ane diganti db.123)






Kalau sudah melakukan peng copy an kemudian edit file “named.conf.default-zones” dengan cara ketikkan perintah “nano named.conf.default-zones” kemudian enter






Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, samakan dengan punyamu (untuk tosltutor.com, db.a ubahlah sesuai dengan milikmu)dan (ten.10.10, db.i ubahlah dengan ip address milikmu dengan catatan ip kamu dibalik contoh ip address kamu 192.168.one.ten berarti kamu tulis 1.168.192 cuma tulis tiga ini.)

Baca :   Penyebab Jarum Kompas Yang Selalu Menunjukkan Arah Utara-selatan Adalah ....



Oh iya guys setelah kamu lakukan pengeditan lakukanpenyimpanan file dengan cara CTRL+X Tekan Y kemudian ENTER





Kemudian kamu lakukan edit di db.a dengan cara ketikkan perintah “nano db.a” (tergantung kamu menamainya ya) tekan enter






Dan silahkan kamu rubah menjadi seperti dibawah ini






Kemudian kamu lakukan edit di db.1 dengan cara ketikkan perintah “nano db.1” (tergantung kamu menamainya ya) tekan enter






Dan silahkan kamu rubah menjadi seperti dibawah ini (untuk angka 10 itu adalah ip terakhir yang tidak kamu tulis di “named.conf.default-zones”)






Jika semua proses sudah kamu lewati lakukan restart pada aplikasi bind9 ini dengan mengetikkan perintah “/etc/init.d/bind9 restart atau bisa juga service bind9 restart” (Jika sudah bertuliskan ok dengan warna hijau berarti kamu bisa dinyatakan berhasil dalam proses penginstallan bind9 ini)






Untuk melakukan pengetesan pada dns kamu kettikan perintah “nslookup  www.tolstutor.com” ini tergantung nama domain kamu.Dan sekali lagi pastikan muncul seperti gambar dibawah ini tidak ada tulisan error atau apapun dibawah Address:10.ten.10.10






Jika sudah benar seperti gambar diatas kamu lakukanlah pengetesan pada browser kamu dan tulis nama domain kamu pada address bar seperti gambar dibawah ini.



Jika sudah tekan enter dan pastikan muncul gambar seperti gambar diatas itu adalah tampilan habitation dari apache2 (kalau belum bisa muncul alias cuma muter muter coba cek apakah kamu sudah satu network dengan si server dns dan jangan lupa pada kolom dns di pengaturan ipv4 windows kamu isikan ip dari server linux kamu.)


Ok Guys itulah tadi sedikit ilmu tentang cara Konfigurasi DNS server di Debian I hope yous can follow this tutorial without problem anything.

Jika ada pertanyaan mengenai hal hal lainnya yang bersangkutan dengan materi silahkan hubungi kami diKontak_1
 or
Kontak_2





Baca :   Unsur Berikut Yang Mempunyai Konfigurasi Elektron Stabil Adalah



Jangan lupa terus dukung Blog ini untuk terus maju dengan cara comment, subscribe, share, dan sering seringlah berkunjung ke blog ini. Untuk partisipasinya saya ucapkan banyak termakasih.

Apt Get Install Bind9 Adalah Perintah Untuk

Source: http://dockerlinux.blogspot.com/2018/09/cara-install-dan-konfigurasi-dns-bind9.html

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …