Apakah Perbedaan Pernapasan Eksternal Dengan Internal

Apakah Perbedaan Pernapasan Eksternal Dengan Internal

Jakarta

Bisakah kamu bayangkan menghirup udara saat influenza? Bernapas terasa sulit dan sistem pernapasanmu seperti terhambat. Lalu, apa itu pernapasan?

Pernapasan adalah proses pertukaran gas dalam tubuh dan digunakan untuk menghasilkan energi.

Proses pernapasan dalam tubuh kita terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pernapasan eksternal (pernapasan luar), pernapasan internal (pernapasan dalam), dan pernapasan seluler (pernapasan sel). Apa bedanya?

-Pernapasan eksternal adalah pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terjadi antara udara luar yang terdapat pada paru-paru dan darah yang berasal dari kapiler darah.

-Pernapasan internal adalah pertukaran oksigen yang dibawa dalam kapiler dengan karbon dioksida dari sel-sel tubuh.

-Pernapasan seluler adalah proses masuknya oksigen dari sel-sel tubuh ke dalam mitokondria guna menghasilkan energi.

Dalam mitokondria inilah terjadi proses oksidasi biologi. Proses ini adalah proses pembakaran zat makanan oleh tubuh dengan bantuan oksigen untuk menghasilkan energi.

Proses sistem pernapasan manusia adalah proses otomatis. Jadi, saat kita tertidur pun, proses pernapasan akan tetap berlangsung.

Sebab proses ini dipengaruhi besar oleh saraf otonom atau sususan saraf tidak sadar.

Pernapasan pada manusia menggunakan beberapa alat pernapasan, di antaranya hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Proses Kerja Sistem Pernapasan Manusia


Bermula dari oksigen yang dihirup oleh hidung kita yang selanjutnya melewati tenggorokan, hingga masuk ke dalam paru-paru.

-Hidung: Dalam rongga hidung terdapat rambut atau bulu-bulu hidung dan lendir yang berfungsi sebagai filter atau penyaring udara agar tidak masuk ke dalam paru-paru.

Selain hidung, manusia juga bernapas dengan mulut. Prosesnya udara masuk dari mulut melewati tekak (faring) lalu ke pangkal tenggorokan (laring). Kemudian udara akan masuk ke batang tenggorokan (trakea) hingga berakhir ke paru-paru.

Baca :   Jelaskan Pengertian Analisis Dalam Konteks Apresiasi

-Tenggorokan: Tenggorokan menghubungkan alat pernapasan antara rongga hidung dengan paru-paru. Cabang dari tenggorokan disebut bronkus.

Bronkus memiliki cabang yang kecil-kecil lagi disebut bronkiolus. Akhir dari bronkiolus ini terdapat alveolus tempat pertukaran udara luar dan karbon dioksida.

Klik halaman berikutnya

Simak Video “Zelenskiy Bantah Tuduhan Rusia tentang Program Senjata Biologi

[Gambas:Video 20detik]

perbedaan antara pernapasan eksternal dan pernapasan internal dalam tabel berikut yang benar adalah…​

INI JAWABAN TERBAIK 👇

Membalas:

i. Jika oksigen pernapasan eksternal masuk ke kapiler darah, sedangkan oksigen pernapasan internal masuk ke jaringan tubuh ke kapiler darah.

Jika respirasi eksternal karbon dioksida dari alveoli masuk ke kapiler darah, sedangkan respirasi internal jaringan tubuh pergi ke kapiler darah.

maaf kalo salah

Jelaskan perbedaan antara pernapasan eksternal dan pernapasan internal!






Pembahasan:

  • Pernapasan eksternal adalah pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terjadi antara udara dalam gelembung paru-paru dan darah dalam kapiler sedangkan,
  • Pernapasan internal adalah pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara darah dalam kapiler dan sel-sel jaringan tubuh.

————#————

Jangan lupa komentar & sarannya

Email:

Lihat Foto

Ilustrasi lari

KOMPAS.com –Manusia dan hewan harus bernafas untuk dapat bertahan hidup. Kita bernafas dengan cara menghirup oksigen dari hidung memasukannya ke paru-paru lalu menghembuskan gas karbon dioksida.

Namun tahukan kamu pernaasan tersebut hanyalah pernafasan eksternal, sedangkan terjadi juga penafasan internal didalam sel-sel tubuhmu. Untuk mengetahui perbedaan antara respirasi eksternal dan respirasi internal, simaklah pembahasan berikut!

Soal dan Pembahasan

Jelaskan perbedaan respirasi eksternal dan internal!

Jawaban:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI
Respirasi eksternal dan repirasi internal

Respirasi eksternal adalah pertukaran gas yang terjadi dalam paru-paru atau sering disebut dengan pernafasan.

Baca :   Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi

Jadi respirasi eksternal adalah proses menghirup udara dari lingkungan dan menukar oksigen yang dihirup dengan karbon dioksida didalam paru-paru.

Sedangkan respirasi internal adalah proses pemecahan makanan untuk menghasilkan energi yang terjadi didalam sel tubuh.

Baca juga: Napas Pertama Bayi Picu Kemampuan Otak Mengatur Pernapasan Sepanjang Hidup

Respirasi internal adalah respirasi sel yang kita kenal sebagai respirasi aerobik dan anaerobik.

Lokasi

Respirasi eksternal terjadi antara sistem pernafasan tubuh dan makhluk hidup, sedangkan pertukaran gasnya terjadi dalam air sac paru-paru. Sedangkan respirasi sel terjadi didalam sel tubuh, dan pertukaran gasnya terjadi dalam mitokondria.

Pernapasan atau pertukaran gas pada manusia berlangsung melalui dua tahap yaitu pernapasan luar (eksternal) dan pernapasan dalam (internal). Perbedaan pernapasan luar dan dalam dapat dibedakan berdsarkan hal sebagai berikut.

  1. Definisi

    Pernapasan eksternal merupakan pertukaran  dari udara dengan  dari kapiler darah dalam alveolus. Sedangkan pernapasan internal merupakan proses pertukaran  dan  dari kapiler darah ke sel-sel tubuh (pertukaran gas di dalam jaringan tubuh).
  2. Tempat terjadinya

    Pernapasan eksternal terjadi di dalam paru-paru. Sedangkan pernapasan internal terjadi di jaringan tubuh.

Apakah Perbedaan Pernapasan Eksternal Dengan Internal

Source: https://dimanakahletak.com/perbedaan-antara-pernapasan-eksternal-dan-pernapasan-internal-dalam-tabel-berikut-yang-benar-adalah

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …