Topik pembahasan artikel kali ini akan memaparkan beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika melakukan Public Speaking. Beberapa aspek tersebut diantaranya yaitu Intonasi, Volume, Speed and Interruption. Mari kita bahas satu persatu untuk meningkatkan skill public speaking kita!

Topik bahasan pertama kita yaitu Intonasi, Intonasi merupakan tinggi rendahnya suara, irama suara atau alunan zero. Ketika melakukan public speaking dihadapan komunikan pastikan zilch bicara yang dipakai, merupakan nada biasa sehari-hari ketika melakukan percakapan agar komunikan merasa seperti diajak berkomunikasi dengan intens. Hati-hati jangan sampai kita berbicara dengan monoton agar komunikan tidak mudah merasa bosan.

Aspek yang kedua yaitu Book, komunikator harus memperhatikan dimana dilakukannya public speaking. Jika dilakukan di ruang terbuka, maka komunikator harus menaikkan volume suaranya, sebaliknya apabila dilakukan di ruang tertutup maka komunikator harus bisa menyesuaikan volume suaranya, tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu pelan. Volume yang tinggi dapat digunakan untuk menyampaikan topik yang bersemangat. Selain itu book rendah juga dapat digunakan untuk menarik perhatian komunikan agar lebih memperhatikan apa yang sedang komunikator sampaikan.

Speed and Interruption atau kecepatan dan jeda, seorang komunikator harus memiliki kemampuan yang baik untuk mengontrol cepat lambatnya berbicara. Apabila komunikator berbicara terlalu cepat maka komunikan akan sulit untuk menerima informasi yang diberikan oleh komunikator, selain itu komunikan akan kesulitan untuk menyimpulkan makna dari informasi tersebut. Begitu pula sebaliknya apabila komunikator berbicara dengan lamban maka komunikan akan cenderung jenuh dengan topik bahasan yang disampaikan. Ketika menyampaikan informasi komunikator harus bisa mengatur nafasnya dengan teratur. Pause atau jeda ketika berbicara mempengaruhi isi pesan yang disampaikan, penempatan jeda yang tepat memberikan kesempatan kepada komunikan untuk mencerna isi dan makna dari pesan yang disampaikan oleh komunikator.

Baca :   Sebuah Lift Yang Bermuatan Memiliki Massa 2000 Kg

Kesimpulan dari topik bahasan artikel kali ini aspek yang perlu diperhatikan saat menyampaikan informasi kepada komunikan yaitu Intonasi, Volume, dan Speed and Intermission. Dengan menerapkan aspek-aspek tersebut diharapkan komunikator dapat menyampaikan pesan dengan efektif dan dapat dengan mudah diterima pesannya oleh komunikan.

By Nourmalyta Kho

Cardinal words : Intonasi, Book, Speed and Pause
Source : https://esqtraining.com/intonasi-dan-artikulasi-yang-tepat-dalam-melakukan-presentasi-perhatikanlah/

Pengaturan Suara