Apa Yang Dimaksud Pukulan Lob Dalam Bulutangkis

Apa Yang Dimaksud Pukulan Lob Dalam Bulutangkis

Salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia adalah permainan bulu tangkis. Pada permainan bulu tangkis pemainnya menggunakan raket dan bola bulu tangkis atau yang sering disebut juga dengan shuttle cock. Di dalam permainan bulutangkis dikenal beberapa jenis pukulan salah satunya adalah pukulan servis kali ini aku akan Jelaskan sedikit tentang apa yang dimaksud dengan pukulan servis.

Apa itu pukulan servis? Yang dimaksud dengann pukulan servis artinya adalah sebuah teknik memukul bola yang dilakukan pada saat bola pertama kali diservis. Hal ini biasa dilakukan pada olahraga tangan seperti bulutangkis.

Pukulan servis digunakan untuk memulai serbuah pertandingan pada jenis-jenis olah raga yang mengharuskan adanya pukulan servis. Pukulan servis biasanya dilakukan pada permainan yang menggunakan alat yang dipukul (racket atau bet).

Contoh Pukulan Sevis

Sebagai contoh ketika kita bermain bulutangkis pada saat kita memukul bola ternyata bolanya itu jatuh kemudian orang yang memukul bola pertama kali setelah bola jatuh itu disebut pemukul servis dan aktivitas yang dilakukan adalah pukulan servis

Pukulan servis tidak hanya dikenal hanya permainan badminton saja tetapi juga gunakan pada permainan lainnya misalnya bola voli bulu tangkis, tenis meja dan lain sebagainya.

Pukulan servis sendiri memiliki aturan khusus untuk setiap permainan Sebagai contoh pada permainan tenis meja seorang pemukul servis harus memukul bola tenis meja dari arah yang berseberangan dengan lawan , maka ketika seorang pemukul servis Berada di posisi sebelah kanan maka posisi lawan juga harus berada pada posisi sebelah kanan titik

Aturan servis pada bola voli

Yang dimaksud dengan pukulan servis dalam permainan bola voli adalah pukulan pertama pertandingan ataupun pukulan pertama setiap kali skor tercipta. Dibandingkan dengan peraturan servis pada ping pong, Hal ini sedikit berbeda dengan peraturan permainan bola voli dimana seorang yang melakukan servis tidak diharuskan untuk memukul target ke arah yang berlawanan dari posisi ia berdiri pada saat itu titik jadi pada permainan voli seorang yang melakukan pemukul pertama ia bebas memukul bola kearah manapun yang penting itu masih di dalam garis lapangan voli. Pukulan servis yang baik adalah pukulan yang tepat mengenai target, sesuai aturan dan tidak keluar batas.

Baca :   Buku Paket Seni Budaya Kelas 8 Semester 1

Teknik Jenis Pukulan Servis Pada bulutangkis

Kembali lagi pada permainan bulutangkis dan permainan tenis meja pada kedua jenis olahraga ini terdapat dua teknik servis yang paling terkenal yang pertama itu adalah front hand. Pada teknik ini pemukul bola cukup melayangkan tangannya dengan posisi kepalan tangan searah dengan posisi bola sedangkan pada teknik back hand posisi bola itu berada pada bagian belakang tangan sehingga ketika tangan kita ayunkan maka kita akan mengarahkan ayunan raket ke arah kiri kemudian diarahkan ke arah kanan dengan posisi bola berada pada bagian belakang tangan kanan kita. Untuk hari ini kita cukupkan sampai sini aja terima kasih.

Pukulan Servis Pada Tenis Meja

Dalam permainan tenis meja pukulan servis disebut juga Serve (bahasa inggris) yang artinya servis.  Pada aturan pingpong pemain harus memukul / servis bola ke arah lawan pada bagian /bidang yang berlawanan arah dengan posisi ia memukul. Salah satu jenis pukulan servis yang sering digunakan adalah teknik backhand.

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Partai dalam Badminton

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 1) Tunggal putra 2) Tunggal putri 3) Ganda putra 4) Ganda putri 5) Ganda campuran

Lapangan dan Jaring

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

Baca :   Universitas 17 Agustus 1945 Untag Semarang

Memainkan Badminton

1) Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis.2) Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.3) Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan “keluar”.4) Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.5) Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.

Teknik Pukulan dalam Badminton

Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan.Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulu tangkis, yaitu:

Pukulan servis

Pukulan servis merupakan pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Macam-macam pukulan servis, yaitu: 1) Pukulan servis pendek 2) Pukulan servis panjang 3) Pukulan servis mendatar 4) Pukulan servis cambuk

Pukulan lob

Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:1) [i]Overhead lob[i], yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.2) [i]Underhand lob[i], yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.[size=8]sumber : https://id.wikipedia.org[size]Kegiatan ekstrakurikuler Badminton di SMK Negeri 52 Jakarta dilaksanakan setiap hari Sabtu jam 07.30 s.d 10.00 WIB.Pelatih :

Prestasi Pelatih :

Lihat Foto

Ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, ketika menghadapi Marks Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman) pada laga kedua Grup D bulu tangkis ganda campuran Olimpiade Tokyo 2022, Minggu (25/7/2022).

KOMPAS.com

– Bulu tangkis mempunyai aturan bagi setiap pemain untuk memulai permainan dengan pukulan awal ke arah lawan.

Baca :   Tuliskan Ciri Ciri Organisme Yang Termasuk Bakteri

Pukulan permulaan diarahkan secara diagonal melintasi net ke arah lawan atau pukulan silang, sehingga permainan dapat berjalan.

Upaya pukulan permulaan yang dilakukan dari arah diagonal oleh pemain bulu tangkis disebut sebagai service (servis).

Servis menjadi kewajiban bagi setiap pemain untuk mengawali permainan, baik dalam kategori tunggal maupun ganda dalam cabang olahraga bulu tangkis.

Sehingga, tak heran jika latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah silang dan lob.

Sementara pukulan lob berguna untuk mengulur waktu ketika dalam posisi terhimpit.

Adapun pukulan servis dalam bulu tangkis dikatakan baik, jika dilakukan sesuai peraturan permainan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Baca juga: Jenis Teknik Servis Bulu Tangkis, Backhand hingga Flick

Berikut adalah sejumlah ketentuan bagaimana pukulan servis dalam bulu tangkis dikatakan baik, sebelum permainan bergulir:

Sesuai area servis

Pada area permainan atau lapangan bulu tangkis, terdapat garis batas di depan net yang menjadi tempat para pemain melakukan servis.

Ketika melakukan servis, seorang pemain tidak boleh melampaui garis batas servis berjarak 1,98 meter dari bibir net.



a.guling depanb.guling belakangc.guling lentingd.loncat harimau​



tolong dijawab ya kakak kakak​



4 Keadaan Alam IndonesiaSaat berotasi 1° derajakan waktu 4 menit. Pasangan judul dan prediksi informasi yang tepat adalah. A. 1C. 33. 2D. 4h :​.



1. 007,89 kg adalah. Saat di bulatkan ke bilangan terdekat​.



berikut ini adalah tugas setiap pemain dalam permainan bola basket kecuali a menghadap permainan bola menyusur di pengamat permainan​



D. Berlari17. Permainan modifikasi lari, lompat, dan lempar diawali dengan. A berlari menuju garis batasB. Melempar bola ke keranjangc. Melompat menuj …


u garis batasD. Melempar bola sampai garis batas18. Variasi langkah dalam pencak silat selalu diawali dari sikap. C. PasangD. SiapA tegakB. Bersedia​.




CV, Fa, Perseroan Terbatas, Koperasi adalah pengelolaan usaha yang dikelola oleh​.



renang gaya bebas merupakan gaya renang … dibandingkan dengan gaya renang lainnya​



Bahaya Merokok,Minuman keras, dan NAPZABahaya MerokokBahayaMinuman kerasBahaya NAPZA(Narkotika, Psikotropika, dan ZatAdiktif)​.



Jelaskan usaha yang dilakukan pemerintah guna tercukupinya kebutuhan gizi masyarakat Indonesia​.

Apa Yang Dimaksud Pukulan Lob Dalam Bulutangkis

Source: https://pskji.org/90917/apa-yang-dimaksud-pukulan-servis-bulutangkis/

Artikel Terkait

Leave a Comment