Apa Yang Dimaksud Dengan Kebudayaan Non Benda

Apa Yang Dimaksud Dengan Kebudayaan Non Benda

Yous’re Reading a Free Preview

Pages

6

to

10

are non shown in this preview.

tirto.id – Kebudayaan non benda adalah pengetahuan, keterampilan, dan hasil akal budi yang beredar di suatu masyarakat. Ia adalah produk karsa yang abstrak (intangible) dan tak bisa dipegang. Contohnya adalah bahasa, nyanyian rakyat, pantun, dongeng setempat, dan lainnya.

Di sisi lain, kebudayaan yang lazim dikenal adalah kebudayaan yang berbentuk benda. Sebab, hasil karsa tersebut dapat dilihat mata dan mudah dikenali sebagai warisan kebudayaan, misalnya peninggalan candi, rumah ibadah kuno, hingga senjata tradisonal.

Indonesia sangat kaya dengan kedua jenis kebudayaan tersebut, baik itu kebudayaan yang berbentuk benda atau non benda. Menurut sensus Badan Pusat Statistik (2010), Republic of indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik, serta 1.340 suku bangsa. Setiap identitas kelompok tersebut memiliki kebudayaan khas masing-masing yang menggambarkan keragaman Indonesia yang bhinneka.

Secara definitif, kebudayaan merupakan kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ia adalah keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan menjadi pedoman tingkah laku sehari-hari.

Di antara wujud kebudayaan adalah gagasan dan perilaku, sebagaimana disampaikan Koentjaraningrat dalam Pengantar Ilmu Antropologi (2000). Dua hal itu merupakan konsep abstrak yang menjadi bagian dari kebudayaan non benda. Lantas, apa pengertian dari kebudayaan non benda?

Pengertian Kebudayaan Non Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan atau UNESCO mendefinisikan kebudayaan non benda atau warisan budaya tak benda sebagai praktik, representasi, ekspresi, serta pengetahuan dan keterampilan yang dikelompokkan sebagai warisan budaya masyarakat.

Nurfiani Sri Hattari dalam Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda (2020) menuliskan bahwa kebudayaan not benda mengacu pada hasil karya bersifat abstrak, bukan berupa benda, serta diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Contoh Kebudayaan Non Benda

Berdasarkan pengertian di atas, terdapat sejumlah praktik atau pengetahuan yang dapat dikategorikan sebagai kebudayaan non benda sebagai berikut.

Baca :   Penyebab Payudara Besar Sebelah Kanan Dan Sakit

  • Tari-tarian tradisional, seni pertunjukan, dan sebagainya,
  • Lagu daerah dan musik tradisional
  • Puisi, pantun, bahasa, hingga isyarat kentongan.
  • Cerita rakyat, dongeng, mitos, simbol, atau lambang tertentu
  • Upacara adat, ritual, festival daerah, dan tradisi tertentu
  • Teknik, kecakapan, atau keahlian khusus yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.
  • Kearifan lokal, mulai dari mitigasi bencana (pengurangan resiko bencana berbasis budaya), konservasi ekologi, penghormatan terhadap orang tua, harmoni kehidupan/toleransi, pantang larang atau tabu di suatu masyarakat.
  • Pengobatan tradisional, mulai dari opsi penyembuhan, teknik pengobatan, bahan pengobatan, dan sebagainya.
  • Resep kuliner tradisional

Tari tradisional asli Indonesia, mulai dari tari tor-tor dari Batak, tari saman Aceh, tari piring, hingga tari payung dari Sumatera Barat adalah warisan budaya tak benda. Ada juga kecakapan membuat wayang, pengetahuan tentang keris, dan lain sebagainya adalah kebudayaan non benda yang lazim ditemui di masyarakat.

Baca juga:

  • Apa Saja Bentuk Akulturasi Kebudayaan Islam di Republic of indonesia?
  • Kenali Kebudayaan Suku Bugis: Sistem Kepercayaan hingga Kekerabatan
  • Mengenal Lembaga Pewarisan Kebudayaan pada Masyarakat Tradisional

Baca juga artikel terkait KEBUDAYAAN Not BENDA atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi

(tirto.id – hdi/hdi)


Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Lembar kerja tugas 2 Ragam Budaya Non Benda, meliputi nama daerah, budaya nonbenda, judul dan penjelasan. Buatlah kelompok dengan teman sekelas, kemudian dalam kelompok tentang budaya nonbenda apa saja yang ada di daerahmu. Lalu, Tuliskan jenis-jenis budaya nonbenda tersebut, nama atau judul disertai penjelasan singkat.

Setiap jenis budaya tradisi baik nonbenda maupun artefak/objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Hingga saat ini, tercatat 4.156 warisan budaya nonbenda yang terdapat di seluruh Indonesia.

Setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang mengambil inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masingmasing. Kekayaan budaya tradisi Indonesia adalah kearifan lokal (local genius) yang dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya.

Tugas 2 Ragam Budaya Nonbenda

1. Buatkan kelompok dengan teman sekelas. ii. Diskusikan dalam kelompok tentang budaya nonbenda apa saja yang ada di daerahmu.

Baca :   Jelaskan Yang Dimaksud Fakta Dan Opini Dalam Teks Eksposisi

3. Tuliskan jenis-jenis budaya nonbenda tersebut, nama atau judul disertai penjelasan singkat.

Contoh Hasil Diskusi :

1. Tarian : Contohnya tarian Burung Enggang dari suku Dayak, menceritakan tentang seekor burung enggang. Burung enggang bagi masyarakat Dayak merupakan simbol dewata. Burung enggang merupakan wujud nenek moyang yang turun ke bumi.

ii. Cerita rakyat : Cerita Legenda Malin Kundang adalah sebuah legenda yang menceritakan tentang anak yang durhaka terhadap orang tuanya

3. Upacara adat : Upacara adat Nyalawean adalah upacara adat Jawa Barat yang ada menilai sifatnya religius, dengan tujuan memeringati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Contoh Lain :

Contoh budaya non benda dari Jawa Tengah dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1. Tarian tradisional: tari gambyong, tari srimpi, tari bondan payung two. Lagu daerah: gambang suling, gundul-gundul pacul, lir ilir

three. Bahasa daerah: bahasa Jawa yang terdiri dari bahasa krama dan ngoko

Baca Juga:
Contoh Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Non Benda

Demikian pembahasan mengenai Tugas two Ragam Budaya Not Benda, Nama Daerah, Judul dan Penjelasan. Tugas pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas ten. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Selamat belajar!

Kebudayaan di Indonesia sangat beragam dan jumlahnya banyak sekali. Mulai dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote mempunyai budaya yang bervariasi.

Budaya-budaya yang berasal dari berbagai daerah tersebut di lestarikan secara turun temurun antargenerasi.

Terdapat dua budaya, yaitu budaya benda dan budaya non benda.

Di artikel kali ini kita hanya membahas budaya non benda saja.

Kebudayaan non benda adalah budaya yang menghasilkan karya berupa bentuk tidak benda dan biasanya karya yang dihasilkan dalam bentuk abstrak.

Budaya non benda adalah kebudayaan yang tidak bisa disentuh secara fisik dan tidak menghasilkan suatu benda.

Kebudayaan non benda juga bisa disebut kebudayaan tak benda. Budaya ini diwariskan oleh nenek moyang dan dilestarikan generasi ke generasi.

Budaya non benda sangat bervariasi bentuknya dan masing-masing daerah mempunyai keunggulan atau karakteristik budaya non benda yang berbeda-beda.

Baca :   Qs Ali Imran Ayat 190 191 Tentang Berpikir Kritis

Berikut adalah contoh budaya non benda:

Di Indonesia banyak sekali tarian-tarian. Tari tradisional sendiri merupakan tarian yang berasal dari daerah tertentu yang secara turun-temurun dan sudah menjadi budaya.

Tari tradisional sendiri terbagi menjadi iii, yaitu: Tari klasik, tari rakyat dan tari kreasi baru.

Contoh tari tradisional adalah:

Menurut Muhyani, arti dari seni pertunjukan merupakan media untuk mengekspresikan cipta dan rasa serta karsa manusia.

Menurut Wikipedia, lagu daerah merupakan musik yang berasal dari daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat didaerah asal atau rakyat lain.

Umumnya, pencipta lagu daerah tidak diketahui

Contoh lagu daerah adalah:

Merupakan bahasa asli di suatu daerah dan bisa jadi dipakai untuk komunikasi sehari-hari.

Republic of indonesia sendiri mempunyai 718 bahasa daerah

Contoh bahasa daerah adalah:

  • Bahasa Jawa
  • Bahasa Batak
  • Bahasa Gorontalo

Cerita rakyat merupakan suatu cerita yang berkembang di sebuah daerah. Cerita rakyat sendiri mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti: Tidak diketahui pembuat pertama kali, mengandung nilai luhur dan disampaikan secara turun temurun.

Jenis-jenis cerita rakyat ada 3, yaitu mitos, legenda dan dongeng

Contoh cerita rakyat adalah:

  • Jaka Tarub (Mitos)
  • Malin Kundang (Legenda)
  • Si Kancil Mencuri Timun (Dongeng)

Upacara adat merupakan salah satu tradisi masyarakat yang masih dianggap mempunyai nilai-nilai yang masih cukup relevan bagi kebutuhan masyarakatnya.

Upacara adat juga sangat erat dengan ritual keagamaan atau ritus.

Contoh upacara adat adalah:

  • Sekaten (Jogja)
  • Ngaben (Bali)
  • Tiwah (Kalimantan Tengah)

Festival adalah bentuk komunikasi yang dapat membangun, memberdayakan dan pengakuan suatu identitas budaya.

Contoh festival daerah adalah:

  • Festival lembah baliem (Papua Barat)
  • Festival lompat batu (Sumatera Utara)
  • Festival Batik Nusantara (Jawa Tengah)

Keahlian seperti membatik, membuat keris dan melukis juga merupakan budaya non benda.

Terdapat 8 budaya non benda yaitu:

  • Tari Tradisional
  • Seni Pertunjukan
  • Lagu Daerah
  • Bahasa
  • Cerita Rakyat
  • Upacara Adat
  • Festival Daerah
  • Keahlian Khusus

Apa Yang Dimaksud Dengan Kebudayaan Non Benda

Source: https://memenangkan.com/budaya-non-benda-apa-saja-yang-ada-di-daerahmu

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …