Berbagai Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Setiap pebisnis pasti akan sangat tertarik untuk memasuki sistem perdagangan internasional. Bila Anda adalah salah satu diantaranya, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui berbagai faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.

Harus kita akui bersama bahwa seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, beberapa negara banyak yang memperoleh manfaat dari adanya perdagangan internasional. Mulai dari mampu menjaga harga pasar, hingga bisa dijadikan sebagai sumber devisa negara. Pasalnya, kegiatan ekspor dan impor dalam perdagangan internasional akan mampu meningkatkan devisa negara.

Perdagangan internasional adalah suatu kegiatan yang sangat penting untuk suatu negara. Salah satu faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar setiap negara tersebut mampu memberikan dampak pada hubungan kerjasama antar setiap negara.

Nah, untuk Anda yang penasaran tentang berbagai faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional, kami sudah menyiapkan penjelasan lengkapnya untuk Anda di bawah ini.


Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian perdagangan internasional secara umum adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk negara lain dengan dasar kesepakatan bersama. Selain itu, perdagangan internasional adalah suatu proses tukar menukar dengan berdasarkan kehendak dari setiap negara secara sukarela.

Baca juga: Perdagangan Internasional: Pengertian, Teori, Manfaat, dan Faktor Pendorongnya


Lalu, Apa Saja Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional:


1. Adanya Perbedaan Sumber Daya Alam

Faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional pertama adalah lokasi geografis dari setiap negara yang berbeda-beda. Nah untuk memenuhi keperluan sumber daya lama dari suatu negara yang tidak dimiliki oleh negara tersebut, maka diperlukanlah kegiatan perdagangan internasional.

Baca :   Proses Pencernaan Makanan Dengan Bantuan Enzim Disebut


2. Keinginan Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pemasukan

Kedua, faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional adalah timbulnya kemauan untuk bisa mendapatkan dan meningkatkan pendapatan negara. Untuk itu, banyak negara yang menerapkan berbagai kebijakan nasional untuk bisa melakukan proses kegiatan impor ataupun ekspor.


3. Ingin Memperluas Target Pasar

Selanjutnya, faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional adalah kemauan untuk memperluas pasar. Dasar utamanya adalah teori bahwa memproduksi barang dalam skala besar dan dijual ke semua negara bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Konsep ini tentunya berbeda dengan sistem perdagangan internasional, yang mana mereka akan menjual produk sedikit mungkin agar tidak mengalami kerugian dalam jumlah yang besar.

Baca juga:

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional yang Harus Anda Ketahui


4. Adanya Perbedaan Iklim

Faktor lain yang bisa mendorong terjadinya perdagangan internasional adalah adanya perbedaan iklim antar negara. Perbedaan iklim yang ada pada suatu negara menjadi alasan sumber daya alam dalam suatu negara dengan negara lainnya. Pasalnya, kehadiran SDA akan ditentukan oleh cuaca, suhu, dan juga musim tertentu.

Oleh karena itu, tidak semua jasa atau produk bisa diproduksi oleh satu negara. Karena keterbatasan SDA inilah yang membuat adanya perdagangan internasional.

Contoh sederhana dari perdagangan internasional karena faktor iklim adalah tempe yang banyak diproduksi oleh Indonesia. Kacang kedelai berkualitas yang menjadi bahan utama pembuatan tempe tidak bisa tumbuh dengan baik di Indonesia karena iklimnya yang kurang cocok. Untuk itu, dibutuhkan kegiatan impor kacang kedelai dari negara dengan penghasil kacang kedelai berkualitas.

Baca juga:

Pajak Perdagangan Internasional yang Diberlakukan di Indonesia


5. Meningkatkan Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

Saat persaingan di pasar mulai ketat, maka SDM pun harus turut ditingkatkan agar bisa bersaing guna meningkatkan kualitas diri masing-masing dengan tujuan menang dengan setiap pesaing lainnya.

Sehingga, upaya untuk bisa meningkatkan kualitas SDM menjadi lebih baik menjadi salah satu faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar setiap negara, dan penduduk lokal bisa berkompetisi secara layak.

Contohnya, Indonesia mengirim para mahasiswa dan cendikiawannya ke beberapa negara agar bisa meningkatkan pengetahuan dan kualitas SDM-nya.


6. Transportasi Antar Negara

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, membuat alat transportasi mampu mencakup seluruh negara. Kehadiran dari alat transportasi ini menjadi suatu strategi penyaluran produk antar negara menjadi lebih mudah. Mulai dari transportasi udara, laut, dan darat, membuat kegiatan ekspor dan impor bisa dilakukan secara lebih cepat.

Baca :   Kegiatan Peternakan Menghasilkan Berbagai Barang Konsumsi Diantaranya

Transportasi juga membuat kegiatan pertukaran teknologi dan informasi menjadi faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.


7. Ingin Meningkatkan Kualitas Produk Lokal

Salah satu langkah yang baik untuk meningkatkan produk lokal adalah membuat persaingan pasar, menyiapkan pengusaha UKM untuk berani ekspor, dan membiasakan diri untuk bersaing secara internasional.

Selain itu, dengan keluar-masuknya produk dari luar negeri juga akan memberikan persaingan bagi setiap pebisnis untuk meningkatkan produknya. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mendorong terjadinya perdagangan antar setiap negara.

Tapi jika permintaan produk menjadi semakin meningkat, maka proses mengelola bisnis pun akan semakin kompleks. Bila sebelumnya melakukan pemesanan produk bisa dilakukan dengan mudah, namun saat ini kegiatan supply mulai sulit untuk dikelola. Untuk itu, dalam hal ini penting sekali untuk melakukan
purchase order.


8. Adanya Rasa Saling Membutuhkan

Faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional selanjutnya adalah adanya rasa saling membutuhkan pada masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling bergantung antara yang satu dengan yang lainnya.

Hal ini pun sama seperti setiap negara yang ingin meningkatkan kualitas produk, masyarakat atau jasa yang mana tujuannya adalah demi meningkatkan perkembangan ekonomi.

Salah satu contohnya adalah negara Turki yang meminta Indonesia untuk menjual Kopinya untuk keperluan kedai kopi yang ada di negara Turki. Sebaliknya, Indonesia pun memerlukan suplai anggur dari Turki untuk kebutuhan konsumsi buah-buahannya.


9. Hubungan Diplomatik Negara

Hubungan diplomatik antar negara juga bisa menjadi faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Hubungan diplomatik adalah hubungan resmi yang dibangun antar negara dalam menjalin persahabatan.

Kegiatan perdagangan internasional akan sulit untuk dilakukan bila tidak ada hubungan diplomatik yang baik antar negara. Untuk itu, hubungan diplomatik menjadi faktor yang penting untuk mendorong terjadinya perdagangan antar negara.

Bila kondisi antar kedua negara sedang tidak baik, maka imbasnya adalah pada kegiatan perdagangan dan kerjasama pada kedua negara tersebut.


10. Era Globalisasi atau Pasar Global

Hadirnya era globalisasi atau pasar global membuat setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri. Hal tersebut membuat setiap produsen bisa secara bebas memasukkan ataupun mengeluarkan produknya ke negara lain.

Hal tersebut memicu konflik sosial ketika terjadi perdagangan internasional, karena setiap orang tentu akan memiliki rasa memerlukan antara yang satu dengan yang lainnya.

Kondisi yang terjadi pada pasar global memaksa negara harus ikut serta di dalamnya, karena setiap negara juga pasti akan memerlukan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca :   Cara Membuat Kaldu Ayam Mpasi 6 Bulan


11. Selera Masyarakat

Selera masyarakat yang berbeda-beda juga bisa menjadi faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Contohnya adalah masyarakat pada negara A lebih menyukai konsumsi daging sapi, sedangkan masyarakat pada negara B lebih menyukai sayur dan buah.

Nah, hal tersebut mendorong terjadinya kegiatan perdagangan antar negara. Selain itu, hal tersebut juga bisa memberikan keuntungan yang besar pada setiap negara, karena bahan makanan bisa dikonsumsi secara menyeluruh.

Baca juga:

10+ Jenis Alat Pembayaran Internasional dan Faktor Adanya Perdagangan Internasional


Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang berbagai faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Namun dalam menjalankan kegiatan perdagangan tersebut, pasti akan ada kondisi untung dan rugi.

Tapi, untuk menghindari risiko kerugian, perusahaan, bahkan negara, harus memastikan bahwa mereka memiliki manajemen yang baik, termasuk manajemen keuangan. Caranya adalah dengan menggunakan sistem pencatatan keuangan yang rapi dan juga terintegrasi dengan baik.

Nah, Accurate Online hadir untuk memberikan solusi tersebut. Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website. Aplikasi ini juga sudah dibekali dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Sehingga Anda bisa mengaksesnya secara nyaman kapanpun dan dimanapun Anda perlukan.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari bisnis kecil dan menengah, hingga perusahaan besar. Bahkan, Accurate Online telah berhasil menyabet gelar TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan penjualan, dan lebih dari 200 jenis laporan lainnya secara otomatis, cepat, dan juga akurat.

Di dalamnya pun sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, persediaan, pembelian, manufaktur, perpajakan,
cost and profit center, multi cabang, dan fitur luar biasa lainnya yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara signifikan.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa menikmati keunggulan dan fitur luar biasa di atas dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sekitar 200 ribuan saja perbulannya.

Masih ragu? Tenang, karena kami akan memberikan kesempatan pada Anda untuk membuktikannya sendiri selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.